Modifikasi audio pada mobil listrik harus dilakukan oleh ahlinya(IST)
Modifikasi audio pada mobil listrik harus dilakukan oleh ahlinya(IST) ( KOMPAS.COM)

Modifikasi Audio Mobil Listrik Tidak Boleh Dilakukan Sembarangan

26 September 2023 20:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil listrik menjadi tren baru di dunia otomotif termasuk hybrid (HEV) dan listrik berbasis baterai (BEV). Hal itu mendorong pelaku otomotif turun menyediakan layanan yang sesuai kebutuhan.

Tren ini ikut mendorong inovasi para pelaku bisnis aftermarket dalam menghadirkan produk yang selaras dengan kebutuhan para pemilik mobil listrik yang menginginkan adanya personalisasi di mobil mereka supaya tampil beda.

Eddie Soesanto, Installer sekaligus Pemilik Cartens Audio Jakarta mengatakan ikut mendukung secara aktif terbentuknya ekosistem mobil listrik yang ramah lingkungan.

"Tingginya antusiasme masyarakat terhadap mobil listrik membawa sebuah revolusi baru di industri otomotif nasional, kami mendukung penuh transformasi ini menuju kualitas lingkungan hidup yang lebih bersih dan sehat dengan semakin banyaknya populasi EV di Indonesia," ujar Eddie saat memperkenalkan Sound Redefined.

Perlu diketahui Sound Redefined merupakan sistem audio khusus untuk mobil listrik dan mobil hybrid yang sudah diaplikasikan pada beberapa model mobil listrik dan hybrid seperti KIA EV6 GT Line, Hyundai IONIQ 5 dan Toyota Kijang INNOVA ZENIX Hybrid.

Tidak berbeda dengan konsumen pemilik mobil lainnya, pemilik mobil listrik juga tetap menginginkan adanya personalisasi yang menjadikan mobilnya tampil beda menurut Eddie.

"Kami sebagai salah satu bagian dari industri pendukung otomotif tidak mau ketinggalan untuk mempelajari semua hal teknis yang dibutuhkan untuk bisa melakukan modifikasi, terutama di bidang audio sistem dan peredaman suara khusus untuk kendaraan elektrik," lanjutnya.

Para pemilik mobil listrik bisa melakukan peningkatan sistem audio kendaraannya dengan cara memodifikasinya di Cartens Audio Jakarta. Audio workshop yang sudah punya nama besar di industri modifikasi audio ini dapat menerapkan sistem integrasi seamless OEM looks dengan teknologi 3D printing.

"Tahun ini kami memodifikasi audio mobil untuk KIA EV6 GT Line, pertama di Indonesia menggunakan perangkat audio aftermarket yang ‘dikawinkan' dengan sistem audio mobil bawaan KIA EV6, yakni Meridian Sound 12.1, hasilnya sangat luar biasa," jelas Eddie.

Eddie menegaskan modifikasi atau kustomisasi merek sound bawaan pabrik seperti Meridian, BOSE, Infinity, Harman Kardon maupun Mark Levinson bisa dilakukan dengan sangat aman tanpa harus khawatir mengganggu sistem lainnya di dalam mobil.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm