Ilustrasi buah beku, buah beku apakah sehat, nutrisi buah beku.
Ilustrasi buah beku, buah beku apakah sehat, nutrisi buah beku. ( Shutterstock/CLICKMANIS)

Tidak Lembek, Berikut Ini 3 Cara Mencairkan Buah Beku

27 September 2023 14:37 WIB

SonoraBangka.id - Buah agar tahan lama selama beberapa hari atau minggu dapat dimasukkan ke dalam freezer. Jika ingin dikonsumsi buah beku perlu dicairkan terlebih dahulu, namun seringnya malah menjadi lembek.

Buah beku dapat dicairkan tetap utuh dengan metode yang tepat dengan aman, selain itu menghindari hasil tekstur tidak terduga dan pertumbuhan bakteri bawaan makanan. Simak cara cairkan buah beku agar tidak lembek, dilansir laman leaf.tv, berikut selengkapnya. 

1. Cairkan pada  chiller  kulkas

Ambil buah beku secukupnya yang perlu dicairkan dari freezer, karena buah tidak boleh dibekukan kembali ketika sudah dicairkan. Tempatkan buah beku di dalam chiller kulkas, pastikan buah ada di dalam mangkuk atau piring. Biarkan buah di lemari es selama enam hingga delapan jam, balikkan kemasan buah atau buah itu sendiri setiap jam agar pencairannya merata.

2. Cairkan di air

Masukkan buah beku secukupnya ke dalam kantong penyimpan  makanan yang tertutup rapat atau biarkan di dalam kemasan yang belum dibuka jika menggunakan seluruh kemasan. Tempatkan kantong di wastafel bersih di bawah air dingin yang mengalir, tempatkan dalam baskom. Air tidak perlu mengaliri hingga penuh, cukup biarkan hingga menetes ke dalam kantong. Biarkan buah di bawah air sekitar satu jam dan balikkan kantong setiap 10 menit.

3. Cairkan dengan microwave

Masukkan buah beku ke dalam kantong makanan yang tertutup rapat atau biarkan pada kemasannya sebelum dibuka. Masukkan kantong ke dalam mangkuk atau piring untuk mencegah microwave berantakan jika ada sobekan pada kantong. Atur daya terendah pada microwave masak selama satu menit. Periksa kemasannya dan balikkan kantong setiap 10 detik. Keluarkan buah ketika sudah lembut saat disentuh. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Cairkan Buah Beku agar Tidak Lembek", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/27/070500975/3-cara-cairkan-buah-beku-agar-tidak-lembek.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm