Razia truk ODOL yang sumbang polusi udara(BPTJ)
Razia truk ODOL yang sumbang polusi udara(BPTJ) ( KOMPAS.COM)

Alasan Truk ODOL Sulit Untuk Punah di Indonesia

27 September 2023 20:06 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Truk dengan kapasitas muatan berlebihan atau yang biasa disebut Over Dimension Over Loading (ODOL) hingga saat ini masih menjadi salah satu fenomena yang mewarnai kendaraan niaga di Indonesia.

Maraknya truk ODOL juga membuat upaya penindakan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga terkatung-katung.

Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jateng-DIY Bambang Widjanarko mengatakan, permasalahan ODOL kerap kali timbul dari sisi permintaan sopir truk.

“Terkadang sopir yang minta ditambahkan agar ongkos penghasilannya juga bertambah. Kita dari sisi pengusaha tidak minta. Tapi kalau dia mengajukan sendiri dan bilang berani mengangkut muatan dengan kapasitas yang dia sebutkan, maka kita kasih berangkat,” kata Bambang kepada Kompas.com, Selasa (27/9/2023).

Bambang juga mengatakan, dari sisi pengusaha tidak akan berani mematok kapasitas muatan secara sepihak. Sebab, harga truk itu mahal dan hubungan pengusaha dengan sopir cuma sekedar mitra.

Apabila sopir tidak memiliki kemampuan yang mumpuni, maka muatan bisa jatuh dan rugi. Sehingga sebelum berangkat harus ada kesepakatan dari kedua belah pihak, baik itu dari sisi sopir dan pengusaha.

“Kalau memaksakan diri, nantinya akan jadi bahaya kalau sopir grogi sepanjang perjalanan dan berbahaya bagi keselamatan. Dia akan bingung dan panik, terutama di tanjakan. Kalau panik itu berbahaya karena tidak akan menguasai kendaraan. Ini akan memicu rem blong,” kata Bambang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Truk ODOL Sulit Punah di Indonesia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/27/090200915/alasan-truk-odol-sulit-punah-di-indonesia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm