pasang sunroof mobil(dok Cibubur Sunroof)
pasang sunroof mobil(dok Cibubur Sunroof) ( KOMPAS.COM)

Plus Minus Sunroof serta Moonroof, Mana Lebih Baik?

28 September 2023 19:54 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Setiap mobil bisa memiliki atap jendela yang bisa terbuka alias sunroof atau moonroof. Tapi, ada kelebihan dan kekurangan dari pemasangan perangkat kaca tersebut.

Untuk diketahui, antara sunroof dan moonroof terdapat perbedaan dari cara membukanya. Pada sunroof, kaca akan terbuka dengan bergeser ke atas atap. Sementara moonroof, kaca bergeser dengan masuk ke dalam atap.

Avudt, punggawa Cibubur Auto Custom yang merupakan bengkel spesialis sunroof, mengatakan, kelebihan sunroof biasanya cuma untuk tampilan saja. Sebab, sunroof lebih terlihat saat sedang terbuka.

"Kekurangannya, pada sunroof posisi terbukanya sedikit kecil. Sebaliknya, dengan moonroof posisi terbuka lebih lebar. Tapi, jika difoto tidak terlihat," ujar Avudt, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Namun, banyak juga yang beranggapan bahwa pemasangan moonroof membuat atap plafon menjadi lebih turun. Sebab, posisi kaca saat terbuka masuk ke dalam atap. Sehingga, mengorbankan sedikit ruang kepala.

"Kalau masalah plafon, balik lagi ke yang bikinnya sih. Tidak selalu seperti itu, memang sih ada perbedaan turunnya, tapi tidak terlalu signifikan," kata Avudt.

Sementara untuk perawatannya, menurut Avudt, baik sunroof atau moonroof sama saja. Bagian talang air perlu diperhatikan supaya tidak tersumbat dan menyebabkan kebocoran.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Plus Minus Sunroof dan Moonroof, Mana Lebih Baik?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/28/102200515/plus-minus-sunroof-dan-moonroof-mana-lebih-baik-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm