Saat mengemudi perjalanan jauh, selalu terapkan teknik defensive driving(SIS)
Saat mengemudi perjalanan jauh, selalu terapkan teknik defensive driving(SIS) ( KOMPAS.COM)

Mau Jadi Sopir Profesional, Perhatikan Untuk 4 Kriteria Ini

28 September 2023 20:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sopir merupakan profesi yang tidak hanya mengemudikan kendaraan dengan ahlian tinggi saja. Tapi juga memiliki dedikasi tinggi terhadap keselamatan, kenyamanan, serta kepuasan penumpang.

Kemudian, ketika berbicara tentang sopir profesional, terdapat beberapa parameter yang bisa dianggap sebagai indikator profesionalisme dalam mengemudi.

Jusri Pulubuhu, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting mengatakan, terdapat empat parameter pengemudi profesional.

“Pengemudi ini harus memiliki keterampilan, pengetahuan, sikap dan administratif,” ungkap Jusri saat dihubungi Kompas.com, Rabu (28/9/2023).

Jusri menggaris bawahi, empat parameter pengemudi profesional tersebut digunakan untuk sopir berbayar atau karyawan sebuah perusahaan.

1. Ketrampilan

Sopir harus mempunyai keterampilan yang baik, untuk bisa membawa kendaraan dengan aman dan tidak membahayakan penumpang maupun pengguna jalan lainnya.

“Harus bisa mengoperasikan kendaraan dengan terampil. Terampil ini artinya dia akurat, presisi, tepat, serta benar dan aman. Serta benar sesuai dengan prosedur yang ada ” ungkap Jusri.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa, sopir harus memiliki keterampilan mengemudi yang tinggi, yang mencakup akurasi, presisi, kepatuhan terhadap prosedur, dan keselamatan.

2. Pengetahuan

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm