1,3 miliar ton pangan dunia terbuang setiap tahun.
1,3 miliar ton pangan dunia terbuang setiap tahun. ( StockPhoto)

Bapanas: 1,3 Miliar Ton Pangan Dunia Terbuang Setiap Tahun

29 September 2023 16:20 WIB

SonoraBangka.ID - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan, 1,3 miliar ton pangan dunia terbuang percuma setiap tahunnya.

Hal tersebut disampaikan Arief dalam acara The International Day Of Awareness of Food Loss and Food Waste (IDAFLW) di Doubletree by Hilton, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2023).

"Sepertiga dari pangan yang diproduksi atau sekitar 1,3 miliar ton pangan terbuang setiap tahunnya," kata Arief dalam acara tersebut.

Arief mengatakan, Indonesia saat ini sedang meningkatkan produksi pangan. Namun, di sisi lain, pangan yang terbuang dan menjadi sampah di Indonesia mencapai 31 persen selama periode 2000-2019.

"Di sisi lain kita buang (pangan) dengan percuma 30-31 persen sehingga food loss and waste ini antara tahun 2000 sampai dengan 2019 mencapai 23 sampai dengan 48 juta ton per tahun atau setara dengan 115 sampai dengan 184 kg per kapita per tahun," ujarnya.

Arief mengatakan, kerugian ekonomi dari pangan yang terbuang dan menjadi sampah diperkirakan setara 4-5 persen dari Produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

Karenanya, kata dia, jika pengelolaan pangan dapat dilakukan dengan baik, akan memberi manfaat terhadap 61-125 juta penduduk Indonesia.

"Upaya penyelamatan pangan fokus utama yaitu mengarah pada upaya mencegah terjadinya food waste, tahapan mendonasikan pangan berlebih sekiranya tidak bisa diselamatkan lagi, tentunya pada prioritas selanjutnya yaitu pemanfaatan pangan untuk pakan," tuturnya.

Lebih lanjut, Arief mendorong pemerintah menyusun kebijakan berupa aturan perundang-undangan atau Peraturan Presiden (Perpres) mengenai makanan yang terbuang dan menjadi sampah.

"Bapanas mendukung untuk dilakukan penguatan regulasi mengubah perilaku peningkatan support sistem optimalisasi pendanaan, pemanfaatan food loss and waste, pengembangan kajian serta pendataan food loss and waste itu sendiri," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bapanas: 1,3 Miliar Ton Pangan Dunia Terbuang Setiap Tahun", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/09/29/134000126/bapanas--1-3-miliar-ton-pangan-dunia-terbuang-setiap-tahun.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm