Ilustrasi mengecek oli mesin motor(Dok. DAM)
Ilustrasi mengecek oli mesin motor(Dok. DAM) ( KOMPAS.COM)

Jangan Lupa Untuk Pantau Oli Motor Ketika Cuaca Panas

30 September 2023 21:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Cuaca panas ekstrem tengah terjadi di wilayah Indonesia, beberapa daerah ada yang suhu udaranya mencapai 40 derajat Celcius.

Kondisi suhu yang tinggi, membuat pemilik motor harus memperhatikan oli mesin pada kendaraan secara rutin. Pemeliharaan berkala, pemantauan volume oli menjadi langkah krusial untuk menjaga performa agar tetap optimal.

Andre, mekanik Part Station Wonogiri, mengatakan, cuaca panas dapat mempengaruhi volume oli mesin.

“Berpengaruh sekali, karena cuaca seperti ini juga mempengaruhi suhu mesin menjadi lebih panas,” ungkap Andre kepada Kompas, Jumat (29/9/2023).

“Kalau mesin panas kan otomatis oli juga ikut panas dan menjadi lebih encer,” tambah Andre.

Andre menjelaskan, oli yang menjadi encer akan lebih mudah terbakar, karena mampu melewati celah-celah yang ada dengan gampang.

“Jika oli mesin viskositasnya lebih encer, akan gampang ikut terbakar melalui celah-celah ring piston, sehingga oli mesin cepat berkurang,” jelas Andre.

Untuk memudahkan pengecekan oli, pemilik motor bisa melakukan sendiri dirumah tanpa perlu ke bengkel.

“Tinggal buka tutup buat ngisi oli mesin, terus cek aja. Ditutupnya terdapat garde oli, jika masih menyentuh batang tutup berarti masih cukup,” jelas Andre.

Sebagai informasi, kapasitas oli motor beragam, ada yang 0,8 liter dan 1 liter. Kondisi ini tergantung dari segi daya tampung mesin dan standar pabrikan.

Oleh karena itu, penting untuk merujuk pada panduan motor, karena bisa memastikan bahwa telah memakai jumlah oli yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Lupa Pantau Oli Motor Ketika Cuaca Panas", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/30/102200415/jangan-lupa-pantau-oli-motor-ketika-cuaca-panas.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm