Kabid Humas Polda Babel, AKBP Jojo Sutarjo
Kabid Humas Polda Babel, AKBP Jojo Sutarjo ( bangkapos.com/Riki Pratama )

Polda Babel Tingkatkan Kesiagaan Jangan Sampai Terjadi Polusi Disaat Kebakaran Lahan kian Marak

2 Oktober 2023 14:07 WIB

SonoraBangka.id - Disaat hotspot atau cuaca panas ekstrem seperti saat ini di wilayah Bangka Belitung terus dikhawatirkan.

Cuaca panas ini juga diantisipasi oleh jajaran Polda Babel, agar tidak berdampak pada kebakaran hutan dan lahan secara meluas. 

Untuk mencegah dampak buruk kabut asap dan kewaspadaan dini terkait perubahan iklim El Nino, seperti terjadi di Kota Palembang.

"Sekarang musim kemarau, kami mengajak untuk mencegah, karena kita ini maraknya kebakaran hutan atau lahan," kata Kabid Humas Polda Babel, Jojo Sutarjo, kepada Bangkapos.com, Senin (2/10/2023) ditemui di kantor PMI Pangkalpinang.

Ia menjelaskan persoalan polusi udara akibat kebakaran hutan dan lahan, telah terjadi di sejumlah provinsi. Sehingga menurutnya perlu antisipasi dilakukan di Bangka Belitung.

"Khusus di Babel kita ingin terbebas polusi sudah banyak keluhan dari masyarakat terkait hal itu, ada yang terkena infeksi saluran pernapasan akut (Ispa) karena penyebab kebakaran," ujarnya.

Mantan Kapolres Beltim ini, tak berhenti untuk mengimbau ke masyarakat, untuk pembukaan lahan jangan dilakukan dengan cara singkat, seperti membakar.

"Jangan gunakan cara mudah, simple dengan pembakaran lahan. Jangan, karena itu berdampak dengan polisi udara," terangnya.

Lebih jauh, Jojo Sutarjo, mengatakan pihak  kepolisian saat ini, meningkat pengawasan di wilayah Babel. Terutama daerah rawan kebakaran jelang musim kemarau 2023. 

"Kita akan lebih tingkatkan pengawasan di daerah dan lahan-lahan yang rawan kebakaran jelang musim kemarau," katanya.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm