Ilustrasi Shichimi Togarashi.
Ilustrasi Shichimi Togarashi. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Brent Hofacker)

Bumbu Rempah Asal Jepang, Apa Itu Shichimi Togarashi?

2 Oktober 2023 15:41 WIB

SonoraBangka.id -  Ada banyak bumbu khas Jepang yang bisa kamu temui di supermarket Indonesia. Salah satunya, togarashi. Dilansir dari laman My Recipes, togarashi merupakan campuran bumbu dari cabai merah kecil yang punya cita rasa pedas.

Bumbu khas Jepang ini terbagi dalam beberapa jenis. Salah satunya, Shichimi Togarashi. Mengulik lebih jauh seputar salah satu jenis togarashi yang biasanya dijadikan bahan tabur pada aneka masakan khas Jepang. 

Apa itu  Shichimi Togarashi ?

Dilansir dari MasterClass, shichimi togarashi terbuat dari campuran tujuh jenis rempah. Ada pun bahan untuk membuatnya, seperti cabai merah, lada sansho, biji rami, biji wijen putih, jahe bubuk, nori, dan kulit jeruk yuzu.

Salah satu jenis bumbu khas Jepang yang satu ini, dipercaya sudah ada sejak abad ke 17 dan menjadi salah satu bahan pokok yang ada di dapur orang Jepang. Ditambahkan dari laman Serious Eats, rasa dari shichimi togarashi dominan rasa pedas yang laur biasa.

Rasa pedasnya terasa sekali dari suapan pertama tetapi mudah hilang setelahnya. Adanya penggunaan bahan seperti jeruk dan rumput laut pada shichimi togarashi, memberikan aroma nikmat dan menggugah selera.

Ada pun penggunaan merica pada shichimi togarashi hanya untuk menambah volume bubuk. Namun tidak terasa dominan di mulut.

Bagaimana cara menggunakan shichimi togarashi ?

Shichimi togarashi bisa ditambahkan begitu saja, pada semangkuk sup miso dan sup mi seperti ramen dan udon. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan shichimi togarashi pada potongan daging yang dipanggang, seperti yakitori atau shabu-shabu.

Rasa dari shichimi togarashi juga bisa digunakan untuk meningkatkan rasa dari makanan laut seperti kerang atau tiram mentah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Itu Shichimi Togarashi? Bumbu Rempah Asal Jepang", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/02/131700175/apa-itu-shichimi-togarashi-bumbu-rempah-asal-jepang.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm