Ilustrasi menanam daun bawang di tanah.
Ilustrasi menanam daun bawang di tanah. ( Shutterstock/Ageng Arifian Sasono)

Tumbuh dalam 5 Hari, Berikut 6 Cara Tanam Daun Bawang di Rumah

2 Oktober 2023 21:21 WIB

SonoraBangka.id - Manfaatkan batang daun bawang untuk ditanam kembali di rumah dan menghasilkan lebih banyak. Cara menanam daun bawang ini mudah diikuti di dapur dengan bahan sederhana, yakni air dan gelas atau botol kaca.

Kamu juga bisa menanam ulang daun bawang menggunakan tanah seperti tanaman pada umumnya. Dilansir dari Master Class, simak lima cara menanam daun bawang berikut ini.

1. Potong daun bawang bagian hijau

Gunakan bagian atas daun bawang untuk memasak. Sisakan bagian bawah atau putihnya untuk menanam ulang bahan ini. Sisakan sekitar lima hingga tujuh sentimeter bagian putih daun bawang untuk ditanam ulang.

2. Masukkan ke dalam segelas air

Siapkan gelas atau botol kaca untuk menanam daun bawang. Tempatkan batang sekaligus akar daun bawang di dalamnya. Isi dengan air keran dan posisikan batang berdiri, dengan akar menghadap bawah. Biarkan bagian atasnya sedikit terbuka.

3. Tempatkan di dekat jendela

Sinar matahari membantu pertumbuhan daun bawang lebih cepat. Kamu bisa menghasilkan daun bawang baru dalam lima hari penanaman ulang. Ganti air dalam gelas selama dua hingga tiga hari sekali. Nantinya, akar akan memanjang dan bagian hijau daun bawang bisa mulai dipotong dan digunakan. 

4. Tanam daun bawang di tanah 

Menanam daun bawang di air memang lebih praktis. Namun, pertumbuhannya terbatas hingga lima tanaman baru. Mengganti media tanam dengan tanah bisa memperbanyak jumlah tanaman daun bawang menjadi tidak terbatas.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm