Ilustrasi SPBU Pertamina.
Ilustrasi SPBU Pertamina. ( KOMPAS/HERU SRI KUMORO)

Penjelasan BPS Soal Kenaikan Harga BBM yang Dianggap Berdampak Terhadap Inflasi

3 Oktober 2023 08:13 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini, PT Pertamina (Persero) kembali melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM), khususnya kategori nonsubsidi.

Daftar harga terbaru, berlaku efektif mulai tanggal 1 Oktober 2023.

Untuk harga Pertamax di wilayah DKI Jakarta dibanderol Rp14.000 per liter, atau mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya yang seharga Rp13.300.

Kemudian untuk Pertamax Turbo mengalami peningkatan harga dari Rp15.900 per liter menjadi Rp16.600, Dexlite menjadi Rp17.200 per liter dari Rp16.350, serta Pertamina Dex dari Rp16.900 per liter menjadi Rp17.900 per liter.

Lalu, apakah berdampak terhadap inflasi nasional?

Plt Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adininggar Widyasanti menilai, adanya penyesuaian harga BBM nonsubsidi oleh Pertamina tidak akan terlalu berdampak kepada tingkat inflasi nasional.

Hal ini dikarenakan Pertamax dan BBM nonsubsidi merupakan jenis energi yang kerap digunakan kalangan rumah tangga menengah atas.

"BBM nonsubsidi biasanya atau umumnya dikonsumsi oleh rumah tangga menengah atas untuk konsumsi alat transportasi pribadi. Dampaknya lebih dirasakan oleh rumah tangga tersebut," papar dikutip dari Tribunnews, Senin (2/10/2023).

"Dampak lanjutan tidak terlalu terasa ke pelaku usaha. Sehingga tren inflasi lebih disebabkan oleh faktor lain bukan karena BBM nonsubsidi," sambungnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Pertamina telah melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak atau BBM kategori non subsidi per 1 Oktober 2023.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm