Ilustrasi kepanasan.
Ilustrasi kepanasan. ( Dok. Shutterstock/Pheelings media)

Hati-hati Heat Exhaustion, Cara Mengatasi Kelelahan saat Cuaca Panas

3 Oktober 2023 09:46 WIB

SonoraBangka.id - Di saat cuaca panas seperti ini, kita mungkin mengalami heat exhaustion atau kelelahan akibat panas yang bisa muncul dengan berbagai gejala, salah satunya adalah sakit kepala.

Kelelahan panas berbeda dengan heat stroke atau sengatan panas.

Namun jika dibiarkan, kelelahan panas dapat menjadi heat stroke.

Dikutip dari Healthline, kelelahan panas adalah kondisi saat tubuh kepanasan sebagai respons atas faktor eksternal seperti suhu tinggi.

Kelelahan panas bisa terjadi pada siapa pun, namun terutama terjadi pada mereka yang berolahraga di luar ruangan saat cuaca sedang panas ekstrem.

Termasuk bisa terjadi ketika seseorang di dalam mobil yang panas, ruang tidak ber-AC maupun seseorang yang melakukan aktivitas intens saat cuaca sedang panas.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika seseorang mengalami kelelahan panas?

Ciri Heat Exhaustion

Sebelum mencari tahu bagaimana cara mengatasi heat exhaustion, ada baiknya Sahabat NOVA mengetahui ciri-ciri dari kelelahan panas yang bisa dialami seseorang.

Gejala kelelahan panas dapat muncul secara tiba-tiba, serta dapat muncul secara bertahap.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm