ilustrasi bread knife atau pisau roti.
ilustrasi bread knife atau pisau roti. ( PIXABAY/CHARLYKUSHU)

Berikut Ini 3 Tips Mengasah Pisau Bergerigi untuk Roti

3 Oktober 2023 17:58 WIB

SonoraBangka.id -  Pisau bergerigi terdiri dari bilah tajam bergerigi yang diikatkan pada gagangnya. Tepi yang bergerigi sangat cocok untuk memotong makanan dengan bagian luar yang keras dan bagian dalam yang lembut seperti roti, bisa juga untuk memotong tomat.

Pisau bergerigi sama seperti pisau lainnya yang bisa tumpul karena bilah pisau membentur talenan berulang kali. Simak tips mengasah pisau bergerigi untuk roti, dilansir dari laman Masterclass, berikut selengkapnya.

1. Pilih pisau yang perawatannya lebih rendah

Pisau bergerigi dengan gerigi lebih sedikit tidak hanya lebih mudah diasah, ketika mengiris roti pusat kekuatan ada pada setiap gerigi.  Oleh karena itu, semakin sedikit gerigi yang ada, semakin kuat untuk memotong makanan.

2. Pertajam hanya bila diperlukan

Desain pisau bergerigi membuat sebagian besar bagian bilah tidak begitu bersentuhan dengan talenan sehingga tidak perlu diasah sesering pisau lainnya. Pertajamlah pisau bergerigi hanya ketika perlu atau merasa pisau sudah tumpul. Jika jarang menggunakan pisau bergerigi mungkin hanya perlu diasah setiap beberapa tahun sekali.

3. Gunakan untuk memotong roti

Jika tidak yakin pisau bergerigi perlu diasah, gunakan untuk mengetes dengan memotong roti. Apabila menghasilkan banyak remah berarti potongannya tidak rapi. Tandanya pisau bergerigi butuh untuk diasah kembali.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Tips Mengasah Pisau Bergerigi untuk Roti", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/02/220400575/3-tips-mengasah-pisau-bergerigi-untuk-roti.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm