Bulatan berwarna pada ban mobil(KOMPAS.com/STANLY RAVEL)
Bulatan berwarna pada ban mobil(KOMPAS.com/STANLY RAVEL) ( KOMPAS.COM)

Cara Untuk Merawat Ban supaya Lebih Awet dan Tahan Lama

3 Oktober 2023 20:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Perawatan ban merupakan hal penting yang perlu dilakukan oleh pemilik kendaraan untuk menjaga kinerja optimal dan keselamatan berkendara.

Dengan memahami pentingnya merawat ban, pemilik kendaraan dapat memperpanjang umur pakai ban dan mengurangi risiko kecelakaan akibat ban yang aus dan bocor.

Aji Prima Barus Nurcahya, Training Development, Section Head PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, pemilik kendaraan harus merawatan ban mobil dengan cara menjaga kondisinya.

“Sederhana, periksa tekanan angin secara berkala paling tidak satu minggu sekali. Jaga tekanan angin sesuai spesifikasi kendaraan,” ucap Aji, beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, cek kualitas fisik ban apakah ada keretakan, selipan benda asing, dan kondisi alur ban (aus atau tidak), apalagi terjadi retak samping.

“Apabila terjadi keretakan pada tapak ban, mungkin tidak aman digunakan. Apalagi keretakannya bagian samping ban, itu kendaraan sangat berbahaya,” kata Aji.

Selain itu, Aji juga mengatakan, ban yang telah mengalami bocor harus langsung diganti dengan yang baru. Sebab, bila dipaksa digunakan, dikhawatirkan ban akan pecah dan menimbulkan kecelakaan.

Selain itu, cegah flat spot pada ban dengan cara menjalankan mobil paling tidak seminggu sekali walau jarang digunakan. Ini membuat ban berputar dan terjadi vibrasi.

“Jaga tekanan angin, jangan sampai kurang. Apabila sudah jarang digunakan ban kempis maka flat spot mudah terbentuk,” ucap Aji.

Sementara itu, Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Mager PT Gajah Tunggal Tbk, mengatakan, pengecekan benda kecil pada sela-sela ban juga penting dilakukan agar kualitas tetap terjaga.

“Cek rutin kerusakan ban, misalkan ada bagian yang sobek. Kemudian periksa juga benda-benda kecil seperti batu yang menempel pada telapak ban, sebisa mungkin dibersihkan,” ujar Zulpata beberapa waktu lalu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Merawat Ban supaya Lebih Awet dan Tahan Lama", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/03/114200615/cara-merawat-ban-supaya-lebih-awet-dan-tahan-lama.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm