Kompresor AC mobil(KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI)
Kompresor AC mobil(KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI) ( KOMPAS.COM)

Ini 2 Untuk Penyebab Utama Kompresor AC Mobil Rusak

3 Oktober 2023 21:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sistem kerja AC mobil mirip seperti AC rumah. Salah satu komponen yang krusial di AC mobil ialah kompresor yang memompa freon agar bersirkulasi ke semua komponen AC mobil.

Tak cuma untuk sirkulasi, kompresor juga berfungsi memampatkan freon. Saat kompresor rusak, maka freon tidak tersalurkan dengan baik. Refrigerant akan bocor dan bila dibiarkan freon akan cepat habis.

Rastomo Yudho Hermawan, Kepala Cabang Bengkel Resmi AC Denso, PT Kikijaya Airconindo di Radio Dalam, Jakarta Selatan, ada dua hal yang membuat kompresor AC mobil cepat rusak.

"Pertama yang paling umum ialah konsumen tidak memerhatikan oli kompresor. Jadi kompresor itu juga unya oli untuk pelumas. Konsumen sering hanya menambah freon tapi tidak mengganti oli. Ini yang sering terjadi," kata Yudho kepada Kompas.com, Senin (2/10/2023).

Kemudian hal kedua kata Yudho ialah membiarkan adanya kebocoran di salah satu bagian AC. Yudho mengatakan, AC mobil tidak dingin sudah pasti karena ada kebocoran. Namun cara cepat yang sering dilakukan ialah isi freon bukan memperbaiki kebocoran.

Saat freon berkurang atau bahkan abis maka kompresor terus bekerja. Hal itu yang kemudian membuat kompresor cepat rusak.

"Jadi itu kebocoran. Karena dia bekerja terus. Mayoritas itu yang terjadi yang paling sering membuat kompresor pada AC mobil rusak," ungkap Yudho.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini 2 Penyebab Utama Kompresor AC Mobil Rusak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/03/160100215/ini-2-penyebab-utama-kompresor-ac-mobil-rusak.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm