Contoh olahan masakan dengan bahan jamur shiitake.
Contoh olahan masakan dengan bahan jamur shiitake. ( SHUTTERSTOCK/ANN IN THE UK)

Berikut 4 Cara Potong dan Olah Jamur Shiitake untuk Masakan

4 Oktober 2023 16:57 WIB

SonoraBangka.id - Jamur shiitake salah satu jenis jamur populer yang dapat dimakan berasal dari Asia Timur, terutama Jepang dan Cina. Jamur shiitake memiliki bentuk payung dengan tutup ramping berwarna coklat muda dan batang sangat berserat keras, dan tidak dapat dimakan.

Jamur shiitake dapat dimasak menjadi tumisan, sop, isian lumpia, dan sukiyaki, sebelum diolah tentunya perlu dipotong-potong. Oleh karena itu simak cara potong dan olah jamur shiitake berikut ini, dikutip dari laman Masterclass.

1. Bersihkan jamur shiitake

Cara memotong jamur shiitake segar, bilas terlebih dahulu jamur dengan air mengalir atau seka tutup jamur berwarna coklat tua memakai tisu basah.

2. Buang batangnya

Buang batang pada jamur shiitake dengan cara memelintirnya atau potong menggunakan pisau jika keras. Batang jamur shiitake bisa diolah menjadi kaldu untuk sop.

3. Potong jamur shiitake

Setelah batangnya dibuang, jamur shiitake dapat dipotong-potong dengan pisau dapur.

4. Cara mengolah menjadi berbagai masakan

Tambahkan jamur shiitake ke dalam sukiyaki yang terdiri dari daging sapi, tahu, sayuran, kecap, gula, dan jamur shiitake. Kamu juga bisa mengolah jamur shiitake seperti isian dimsun, tumisan, miso soup, dan sop krim jagung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Potong dan Olah Jamur Shiitake untuk Masakan ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/03/220500275/4-cara-potong-dan-olah-jamur-shiitake-untuk-masakan-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm