Ilustrasi aki motor(Istimewa)
Ilustrasi aki motor(Istimewa) ( KOMPAS.COM)

Hindari Kebiasaan yang Bisa Bikin Aki Motor Cepat Soak

4 Oktober 2023 19:54 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Peran aki untuk sepeda motor keluaran baru cukup krusial. Bila tidak diperhatikan kondisinya bisa mengakibatkan aki soak lebih cepat dari masa pakai, efeknya bisa tiba-tiba motor mati dan tidak bisa dihidupkan. makin repot adalah ketika hal tersebut terjadi di tengah rutinitas yang padat.

Untuk itu, kesehatan dan kondisi aki harus selalu diperhatikan oleh pengguna. Aki yang sudah soak akan menunjukkan tanda-tanda harus segera diganti.

Mamal Syahrudin, Area Service Sparepart Mekar Motor, mengatakan, jika kondisi aki sudah lemah, biasanya akan menunjukkan berbagai gejala.

“Pertama motor sulit di starter (tidak bisa menyala), mesin susah hidup. Kemudian, panel lampu speedometer redup, lampu sein reduk, klakson tidak bisa berbunyi, ada bunyinya tapi suaranya kecil,” kata Mamal, kepada Kompas.com, Selasa (3/10/2023).

Mamal menambahkan, ada sejumlah kebiasan biker yang membuat aki soak lebih cepat dari masa pakai.

“Ada beberapa penyebab yang bisa bikin aki cepat soak, seperti handle rem dipegang terus menerus, adanya korsleting dari kabel-kabel, sampai pengisian aki yang tidak normal,” kata Mamal.

Tak cuma itu, menurut Mamal, pemilik kendaraan yang jarang menggunakan sepeda motor juga akan membuat usia aki menjadi lebih pendek dari seharusnya.

Umumnya masa pakai aki sepeda motor sekitar 1,5 tahun sampai 2 tahun paling lama.

“Jarang memakai sepeda motor, berakibat tidak adanya sirkulasi pengecasan. Selain itu, aki soak juga bisa ditandai dengan tegangan baterai dibawah 10V, kata Mamal.

Sebagai upaya pencegahan, ada baiknya pemilik motor tidak lupa untuk melakukan perawatan terhadap sepeda motornya secara berkala. Semakin sering perawatan motor dilakukan maka pengecekan kondisi aki juga akan dilakukan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hindari Kebiasaan yang Bikin Aki Motor Cepat Soak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/04/104200515/hindari-kebiasaan-yang-bikin-aki-motor-cepat-soak.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm