Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, padat merayap pada Senin (21/8/2023). (KOMPAS.com/XENA OLIVIA)(Xena Olivia)
Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, padat merayap pada Senin (21/8/2023). (KOMPAS.com/XENA OLIVIA)(Xena Olivia) ( KOMPAS.COM)

Naik Motor Saat Cuaca Panas, Segera Untuk Berhenti jika Kepala Mulai Pusing

5 Oktober 2023 19:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menyikapi cuaca panas dan suhu ekstrem yang melanda sejak beberapa pekan terakhir, ada satu anjuran penting dari dokter untuk para pengendara sepeda motor.

Anjuran ini berkaitan dengan keselamatan berkendara ditinjau dari segi medis. Menurut penjelasan dokter, pengendara motor wajib berhenti jika mulai merasa pening alias pusing tak wajar, walaupun masih dalam perjalanan.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Eka Indra menjelaskan, kepala pening merupakan salah satu gejala Heat Stroke yang sangat bisa terjadi jika seseorang terpapar suhu tinggi.

Berdasarkan pemaparan Indra, Heat Stroke berbeda dengan dehidrasi karena kaitannya bukan tentang cairan, melainkan temperatur internal tubuh manusia.

“Orang yang hidrasinya cukup pun juga bisa kena Heat Stroke kalau terus-terusan kena panas, dan sekarang ini kan panasnya bisa sampai 40 derajat celcius, bahkan lebih,” katanya kepada Kompas.com Kamis (5/10/2023).

Efek yang terjadi jika seseorang terkena Heat Stroke pun tidak main-main, yakni hilang kesadaran mendadak tanpa peringatan apapun. Sesuai namanya, situasi ini mirip dengan stroke, alias kolaps tiba-tiba.

Dia memberikan analogi selayaknya ponsel, yang jika digunakan nonstop dan suhunya terus meningkat, pasti akan mati mendadak dan baru bisa dinyalakan setelah suhu normal.

Optimalnya, suhu tubuh normal manusia berkisar antara 36 derajat celcius hingga 37 derajat celcius. Keoptimalan ini bisa terganggu jika suhu luar tubuh jauh berbeda dengan suhu dalam tubuh

“Ada batas temperatur internal yang enggak boleh lewat. Kalau ada spike (lonjakan) temperatur tiba-tiba, jadinya Heat Stroke, badan langsung shut down,” ucapnya.

Cara menghindari keadaan ini sejatinya cukup mudah. Intinya, pengendara yang mulai merasa pening sebaiknya segera mencari tempat pemberhentian. Sangat disarankan mencari tempat sejuk seperti minimarket atau SPBu.

“Ngetesnya begini, coba fokuskan pandangan ke depan. Kalau masih pening dan berkunang-kunang, berarti masih harus istirahat, jangan dipaksakan dulu,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Naik Motor Saat Cuaca Panas, Segera Berhenti jika Kepala Mulai Pusing", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/05/151200915/naik-motor-saat-cuaca-panas-segera-berhenti-jika-kepala-mulai-pusing.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm