PIS menandatangani perjanjian kerja sama kapal pengangkut LPG dengan BGN International di gelaran ADIPEC (Abu Dhabi International Petroleum and Conference) 2023.
PIS menandatangani perjanjian kerja sama kapal pengangkut LPG dengan BGN International di gelaran ADIPEC (Abu Dhabi International Petroleum and Conference) 2023. ( KOMPAS.com)

Pertamina Tambah Dua Kapal Pengangkut Elpiji

5 Oktober 2023 20:16 WIB

SonoraBangka.ID - Anak usaha PT Pertamina (Persero), PT Pertamina International Shipping (PIS), menambah dua kapal pengangkut elpiji jenis Very Large Gas Carrier (VLGC). Untuk itu, PIS meneken perjanjian kerja sama dengan BGN International, salah satu pemain energi global ternama.

Penandatanganan kerja sama berlangsung di pergelaran Abu Dhabi International Petroleum and Conference (ADIPEC) 2023, bertempat di Paviliun Indonesia yang digawangi oleh SKK Migas (Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas) pada Rabu (4/10/2023).

Dua unit kapal VLGC tersebut rencananya akan mulai beroperasi di kuartal I-2024 untuk dikelola bersama oleh kedua perusahaan.

Saat ini kapal tengah dalam tahap penyelesaian proses konstruksi di galangan kapal Hyundai, Korea Selatan.

Penambahan armada kapal VLGC ini ke depan akan memperkuat posisi PIS yang saat ini memiliki 97 kapal milik, di sektor industri maritim regional.

“Kolaborasi untuk bisnis VLGC dan juga pengangkutan kargo elpiji dengan BGN merupakan salah satu wujud semangat PIS untuk ekspansi bisnisi di komoditas elpiji untuk memperkuat ketahanan energi, sekaligus untuk meningkatkan porsi non-captive market PIS,” ujar CEO PIS Yoki Firnandi melalui keterangan pers, Kamis (5/10/2023).

Group CEO BGN Rüya Bayegan menambahkan, BGN unggul dalam menjalin kemitraan bisnis yang kuat, dan sangat senang untuk menjalankan bisnis bersama PIS.

"Kolaborasi BGN dengan PIS akan semakin meningkatkan armada maritim kami untuk memfasilitasi pertumbuhan bisnis perdagangan energi kami, memperkuat posisi kami sebagai perusahaan papan atas trader elpiji, serta pendukung sistem energi Indonesia," katanya.

BGN International sendiri bermarkas di Dubai dan telah beroperasi di 23 negara, dikenal sebagai perusahaan trading elpiji terbesar dunia dan pemasok utama elpiji ke Indonesia. BGN juga tengah menambah aset maritimnya, dengan armada kapal elpiji yang terus bertumbuh.

Sebagai informasi, Abu Dhabi International Petroleum and Conference (ADIPEC) 2023 mengangkat tema “Decarbonising Faster Together”.

ADIPEC 2023 yang merupakan forum ekshibisi dan konferensi pemain-pemain migas dunia. ADIPEC tahun ini tercatat diikuti lebih dari 2.200 perusahaan dari 30 negara di dunia dengan total peserta mencapai lebih dari 15.000 delegasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pertamina Tambah Dua Kapal Pengangkut Elpiji", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/10/05/142120226/pertamina-tambah-dua-kapal-pengangkut-elpiji.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm