Ilustrasi Elektrik Power Steering(GUIDEAUTOWEB.com )
Ilustrasi Elektrik Power Steering(GUIDEAUTOWEB.com ) ( KOMPAS.COM)

Biaya Untuk Perbaikan Electric Power Steering

5 Oktober 2023 21:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Power steering punya peran penting dalam kenyaman berkendara. Power steering yang rusak akan menyebabkan setir terasa berat. Kemudian bila dibiarkan dapat menyebabkan tapak ban tidak rata.

Giyarno, pemilik bengkel spesialis Giri Power Steering, di Cinere, Depok, Jawa Barat, mengatakan, power steering ada dua model, pertama model hidrolik dan kedua model elektrik yaitu electric power steering (EPS).

Giyar mengatakan, biaya servis power steering electric bervariasi tapi pada dasarnya lebih malah daripada model hidrolik.

"Agak variatif tergantung tingkat kesulitan. Namun untuk mobil umum seperti Honda yang paling banter Civic FD (kode rangka FD) kisaran Rp 1,8 juta sampai Rp 2 juta," ujar Giyar kepada Kompas.com, Rabu (4/10/2023).

"Namun kalau Land Cruiser kisaran harganya bisa Rp 10 juta. Sebetulnya itu disesuaikan dengan harga misalnya BMW kelas seri-5 sampai seri-7 itu lumayan," ujar Giyar.

Giyar mengatakan, kerusakan para power steering electric paling banyak disebabkan karena pemakaian yang kurang benar atau kurang hati-hati.

"Semua mobil elektrik itu sebetulnya enak pakainya cuma agak riskan dan agak bermasalah kalau lewat jalan rusak," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Biaya Perbaikan Electric Power Steering ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/05/190100515/biaya-perbaikan-electric-power-steering-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm