Kereta Cepat Jakarta-Bandung alias Whoosh melintas di stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (2/10/2023)
Kereta Cepat Jakarta-Bandung alias Whoosh melintas di stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (2/10/2023) ( KOMPAS.com)

INKA Bakal Bikin Kereta Cepat, Waktu Tempuh Jakarta-Surabaya Kurang dari 4 Jam

6 Oktober 2023 20:07 WIB

SonoraBangka.ID - Indonesia tengah melakukan riset pembuatan kereta cepat dalam negeri yang dinamakan proyek Kereta Cepat Merah Putih.

Mengutip tayangan pada kanal YouTube LPDP RI, kereta ini nantinya akan menghubungkan Jakarta-Surabaya melalui jalur utara dengan rute Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya.

Riset Kereta Cepat Merah Putih ini dilakukan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRINS), dan PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA.

Selain itu, Departemen Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) juga turut ambil bagian dalam membuat rancang bangun dan prototyping Kereta Cepat Merah Putih.

Nantinya proses produksi Kereta Cepat Merah Putih akan dilakukan oleh PT INKA. Kereta cepat ini ditargetkan rampung diproduksi pada 2025 dan melakukan uji coba pada 2026.

Ketua Tim Peneliti Rancang Bangun dan Proyotyping Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Agus Windharto mengatakan, dengan Kereta Cepat Merah Putih ini perjalanan Jakarta-Surabaya dapat ditempuh selama 3 jam 40 menit.

Adapun merujuk pada video tersebut, kecepatan kereta cepat ini sekitar 230 kilometer per jam.

Waktu tempuh ini jauh lebih cepat dibandingkan waktu tempuh kereta jarak jauh yang beroperasi saat ini, yaitu Argo Bromo Anggrek dimana waktu tempuhnya sekitar 8 jam dengan kecepatan 80 sampai 120 km/jam.

"Sekarang Argo Bromo Anggrek, Jakarta-Surabaya yang sebelumnya 12 jam-13 jam sekarang bisa ditempuh dengan 8 jam. Nah dengan kereta cepat ini seandainya nanti ini diimplementasikan itu bisa ditempuh dalam waktu 3 jam 40 menit," ujar Agus dikutip dari YouTube LPDP RI, Jumat (6/10/2023).

Sebagai informasi, lingkup riset rancang bangun dan proyotyping Kereta Cepat Merah Putih ini termasuk pengerjaan desain envelope cabin dan kokpit, studi human factors engineering dan ergonomics, pengujian aerodinamis, serta perancangan dan pengujian struktur carbody.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm