Ilustrasi logo Bank Indonesia (BI).
Ilustrasi logo Bank Indonesia (BI). ( SHUTTERSTOCK)

Cadangan Devisa RI Kembali Menyusut, Ini Penyebabnya

6 Oktober 2023 20:08 WIB

SonoraBangka.ID - Bank Indonesia (BI) melaporkan, cadangan devisa Indonesia turun pada September 2023. Ini melanjutkan penurunan pada bulan sebelumnya.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir September sebesar miliar dollar 134,9 AS. Nilai ini turun sekitar 2,2 miliar dollar AS dari posisi akhir Agustus sebesar 137,1 miliar dollar AS.

"Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir September 2023 tetap tinggi sebesar 134,9 miliar dollar AS, meski menurun dibandingkan dengan posisi pada akhir Agustus 2023 sebesar 137,1 miliar dollar AS," tutur Erwin, dalam keterangannya, Jumat (6/10/2023).

Erwin menjelaskan, penurunan posisi cadangan devisa itu salah satunya disebabkan oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah. Kemudian, cadangan devisa juga digunakan untuk stabilisasi nilai tukar rupiah.

"Sebagai langkah antisipasi dampak rambatan meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global," katanya.

Lebih lanjut Erwin menyebutkan, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,1 bulan impor atau 6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Dengan demikian, posisi cadangan devisa masih berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.

"Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," tuturnya.

Meskipun menyusut, bank sentral meyakini, posisi cadangan devisia masih akan tetap memadai. Hal ini didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi Indonesia yang terjaga.

"Seiring dengan respons bauran kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cadangan Devisa RI Kembali Menyusut, Ini Penyebabnya", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/10/06/110400126/cadangan-devisa-ri-kembali-menyusut-ini-penyebabnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm