Ilustrasi buah lerak yang dapat dijadikan sebagai sabun alami.
Ilustrasi buah lerak yang dapat dijadikan sebagai sabun alami. ( SHUTTERSTOCK/MAMA_MIA)

5 Cara Membuat Sabun Lerak, Sabun Cuci Piring yang Ramah Lingkungan

7 Oktober 2023 12:11 WIB

SonoraBangka.id -  Lerak merupakan tumbuhan yang bisa dijadikan sabun tradisional dari bijinya. Lerak sendiri dikenal sebagai bahan alami pencuci kain batik agar awet warnanya, selain itu bisa juga untuk mencuci piring dan peralatan dapur.

Simak cara membuat sabun lerak, pengganti sabun cuci piring yang ramah lingkungan, dikutip dari majalah "Saji / ED 427 DEC 2018" (2018) karya Saji terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Bahan membuat lerak:

25 butir lerak

1.000 ml air

1 buah botol

Cara membuat sabun lerak:

1. Cuci bersih lerak. Rebus lerak di atas api kecil selama 2 jam hingga mendidih. Biarkan dingin.

2. Remas-remas lerak hingga berbusa. Angkat lerak.

3. Simpan air lerak di dalam botol.

4. Pemakaian: Ambil sedikit air lerak. Campur dengan air, sesuai kebutuhan. 

5. Ketahanan: Air lerak dapat bertahan selama tujuh sampai 10 hari dengan tetap mengeluarkan busa ketika dipakai, tergantung tempat penyimpanan. 

Sebaiknya simpan di tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Membuat Sabun Lerak, Sabun Cuci Piring yang Ramah Lingkungan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/07/070500675/5-cara-membuat-sabun-lerak-sabun-cuci-piring-yang-ramah-lingkungan.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm