lustrasi kue pukis tape singkong.
lustrasi kue pukis tape singkong. ( SHUTTERSTOCK/Ika Yusmadi)

Maksimalkan Waktu Fermentasi, Berikut 10 Cara Membuat Pukis Empuk

8 Oktober 2023 06:43 WIB

SonoraBangka.id - Pukis merupakan salah satu jajanan tradisional yang biasa dijual di pagi hari. Kamu bisa coba membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan aneka bahan untuk topping. 

Namun sebelum mengikuti resep pukis yang sudah dipilih, ada baiknya untuk menyimak sepuluh tips membuat pukis yang empuk dan mengembang tinggi berikut ini. 

1. Gunakan jenis tepung yang benar

Dilansir dari laman Kompas.com, Febby Kartika Putri pemilik UMKM pukis mini Batterkiss menyarankan untuk menggunakan jenis tepung terigu yang tepat untuk membuat pukis. Gunakan tepung terigu protein sedang dan rendah untuk membuat pukis lebih empuk dan lembut di tenggorokan.

2. Ayak dulu tepung

Sebelum menggunakannya, ayak dulu tepung terigu agar tidak ada yang bergerindil saat dicampur menjadi adonan pukis. Lakukan pengayakkan di awal membuat pukis. Pasalnya, tepung cepat sekali menyerap udara di suhu ruang sehingga membuatnya cepat menggumpal.

3. Gunakan ragi aktif

Selanjutnya, selalu gunakan ragi aktif untuk mengembangkan adonan roti atau kue. Ragi kering aktif biasa ditemukan di pasaran dan paling umum digunakan untuk membuat aneka roti.

4. Campurkan ragi dengan air hangat dan gula

Saat membuat biang, ada baiknya untuk mencampurkan terlebih dahulu ragi, gula, dan air hangat. Diamkan selama 15 menit hingga mengembang. Selain itu, kamu bisa tambahkan dengan tepung terigu dan baking powder. Diamkan kembali selama 15 menit. Tutup dengan kain bersih.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm