Ilustrasi kentang goreng beku (frozen french fries).
Ilustrasi kentang goreng beku (frozen french fries). ( SHUTTERSTOCK/CQ PHOTO JUY)

Berikut Ini 5 Jenis Makanan yang Mengandung Lemak Trans

8 Oktober 2023 06:52 WIB

SonoraBangka.id - Ada banyak sekali menu makanan yang mengandung lemak trans. Lemak trans merupakan jenis lemak tidak sehat yang ada di dalam beberapa makanan.

DIlansir dari laman Very Well Health, lemak trans secara alami ada dalam beberapa produk hewani seperti sapi. Namun selama beberapa dekade terakhir, lemak trans berasal dari minyak terhidrogenasi parsial atau PHO yang diproduksi secara industri. Ditambahkan dari laman Food, simak jenis makanan yang mengandung lemak trans cukup tinggi berikut ini.

1. Kentang goreng

Kentang goreng merupakan jenis makanan yang mengandung lemak trans karena umumnya di beberapa restoran atau tempat makan cepat saji menggoreng kentang dengan minyak terhidrogenasi parsial.

2. Makanan yang dipanggang

Masih dalam laman Food yang sama, makanan yang dipanggang seperti donat, kue kering, cupcake, atau biskuit merupakan jenis makanan penyumbang lemak trans yang cukup besar. Kamu bisa membuat aneka makanan yang dipanggang, jika menggunakan minyak kanola sebagai pengganti margarin.

3. Cereal bar

Cereal bar atau sereal batang bisa jadi mengandung minyak terhidrogenasi parsial, gula tambahan, hingga pewarna buatan.

4. Selai kacang

Selai kacang alami yang terbuat dari kacang tanah segar dan sedikit garam mungkin baik untuk dikonsumsi karena mengandung lemak tidak jenuh. Namun, beberapa produsen ada yang menambahkan minyak terhidrogenasi penuh pada selai kacang. Sebaiknya selalu periksa daftar bahan membuat sebelum membelinya.

5. Krimer kopi

Krimer kopi sering kali diproduksi dengan menggunakan minyak terhirogenasi parsial. Bahkan pada krimer kopi bebas lemak biasanya mengandung sekitar 20 kalori per sendok makannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Jenis Makanan yang Mengandung Lemak Trans, Ada Apa Saja?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/05/120300475/5-jenis-makanan-yang-mengandung-lemak-trans-ada-apa-saja-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm