Kabut Asap Pekat Selimuti Kota Pangkalpinang
Kabut Asap Pekat Selimuti Kota Pangkalpinang ( istimewa)

Diduga Dapat Asap Kiriman dari Bangka Tengah, Penjelasan BPBD Terkait Pangkalpinang Diselimuti Kabut

8 Oktober 2023 15:15 WIB

SonoraBangka.id - Di Ibu Kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pangkalpinang beberapa hari terakhir ini diselimuti oleh kabut asap. 

Ya, kondisi musim kemarau ini menyebabkan banyak terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sehingga menyebabkan kabut asap yang berbahaya bagi kesehatan. 

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang menduga kabut asap yang terjadi di Kota Pangkalpinang ini disebabkan oleh asap kiriman dari Bangka Tengah.

Sekretaris BPBD Kota Pangkalpinang Dedi Revandi mengatakan, asap dari dampak kebakaran yang terjadi di Pangkalpinang tidak begitu masif.

Mengingat, kata Dedi, kejadian kebakaran di Pangkalpinang tidak terlalu parah bahkan lahan gambut di Pangkalpinang juga tidak ada.

"Jadi Pangkalpinang dapat kiriman kabut asap dari tetangga, dugaan kami ini asap kiriman dari Bangka Tengah, kalau dari Palembang juga ada tapi tidak banyak karena jaraknya yang cukup jauh," ungkap Dedi kepada Bangkapos.com, Sabtu (7/10/2023).

"Karena Pangkalpinang kebakaran lahan gambut itu tidak ada, hanya kebakaran lahan biasa dan rentang waktunya tidak lama sehingga tidak akan menimbulkan kabut asap," bebernya.

Kendati demikian, kata Dedi berdasarkan pemantauan persentase kabut asap masih dalam kategori ringan, asap yang timbul juga asap tipis tidak begitu tebal.

"Untuk kualitas udara kita sebetulnya masih bagus, tapi untuk masyarakat dapat mewaspadai bersama kita hati-hati saja kalau keluar pakai masker misal dilihat asap agak tebal," ungkapnya. 

Menurut Dedi, jika kabut asap sudah sangat parah pihaknya dari BPBD Kota Pangkalpinang bakal mendistribusikan masker gratis untuk masyarakat di jalanan.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm