Ilustrasi mesin overheat(SHUTTERSTOCK)
Ilustrasi mesin overheat(SHUTTERSTOCK) ( KOMPAS.COM)

Kenali Untuk Penyebab Mesin Mobil Overheat

9 Oktober 2023 17:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ketika mesin mobil mengalami overheat, menandakan telah melebihi batas normalnya, sehingga menciptakan potensi kerusakan serius pada komponen.

Sehingga sebagai pemilik mobil harus mengetahui faktor penyebab overheat pada mesin, agar bisa mengidentifikasi masalah dan mengambil tindakan perbaikan yang tepat.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, penyebab overheat tidak cuma karena ada masalah ada komponen sistem pendingin mesin seperti radiator, coolant radiator, thermostat, kipas radiator dan water pump saja.

“Pelumas mesin yang bermasalah, bisa tekanan yang berkurang atau saluran pelumas yang tersumbat. Namun pada umumnya yang sering terjadi karena adanya sumbatan di saluran pelumas,” ungkap Iwan kepada Kompas.com, Minggu (8/10/2023).

Iwan juga mengatakan, kebocoran oli yang masuk ke ruang pembakaran lewat piston atau ring piston, cylinder liner atau seal-seal katup, juga bisa menjadi penyebab overheat.

Selain itu, komponen mesin yang mengalami keausan juga bisa menjadi penyebab overheat, ini biasa terjadi di bagian bantalan atau piston sudah oblak. Ditandai dengan suara mesin menjadi kasar.

Kemudian faktor yang paling fatal bisa menyebabkan overheat, dan harus dihindari adalah menerjang banjir.

“Mobil menerjang banjir, akan menjadi fatal kalau sampai air terhisap mesin, karena akan terjadi water hammer. Setang piston bisa patah, piston dan blok mesin bisa pecah,” tambah Iwan.

Iwan mengatakan, kalau piston sudah rusak maka jalan satu-satunya adalah turun mesin. Tindakan ini diambil dengan harapan bisa mencegah kerusakan lebih lanjut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Penyebab Mesin Mobil Overheat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/09/111200915/kenali-penyebab-mesin-mobil-overheat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm