Cara cek pesanan TikTok Shop yang layanan transaksinya resmi ditutup sejak Rabu kemarin (4/10/2023), pukul 17.00 WIB.
Cara cek pesanan TikTok Shop yang layanan transaksinya resmi ditutup sejak Rabu kemarin (4/10/2023), pukul 17.00 WIB. ( KOMPAS.com)

Kemendag: TikTok Hanya Boleh Tawarkan Barang, tapi Tidak Ada Transaksi

9 Oktober 2023 17:22 WIB

SonoraBangka.ID - Meski layanan TikTok Shop sudah dihapus di aplikasi TikTok pada 4 Oktober 2023, pengguna TikTok masih ramai mencari barang-barang menarik dalam tayangan TikTok Live.

Menanggapi hal tersebut Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Isy Karim mengatakan, TikTok saat ini hanya bisa melakukan penawaran barang/jasa di platform-nya. Namun, tidak boleh melakukan transaksi.

Hal tersebut, kata dia, sejalan dengan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan melalui Sistem Elektronik.

"Social commerce seperti halnya TikTok diperbolehkan untuk melakukan penawaran barang dan/atau jasa pada platform digitalnya, dan tidak melakukan transaksi pembayaran sebagaimana diatur dalam Permendag 31/2023 Pasal 21 ayat 3," kata Isy, Senin (9/10/2023).

Isy mengatakan, transaksi jual-beli barang barang dilakukan di luar platform social commerce seperti e-commerce, toko fisik, dan lainnya.

"Transaksi pembayaran dilakukan diluar platform social commerce baik melalui plaform e-commerce (marketplace lain), toko offline, dan lain-lain," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) menegaskan pemerintah tidak melarang TikTok sebagai social media dan social commerce.

Pemerintah, kata dia, mendorong TikTok untuk mengikuti Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan melalui Sistem Elektronik dengan mendaftar sebagai lokapasar (marketplace) atau niaga elektronik (e-commerce).

"Pemerintah tidak melarang TikTok sebagai social media dan social commerce. Tapi social commerce hanya untuk beriklan dan promosi saja, kalau mau transaksi sebagai e-commerce harus mendaftar dulu," ujar Zulhas dalam keterangan tertulis yang dikutip dari laman kemendag.go.id, Kamis (5/10/2023).

Zulhas mengapresiasi TikTok mengikuti Permendag Nomor 31 Tahun 2023. Selain itu, kata dia, Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendukung TikTok dan media sosial (medsos) lainnya untuk mengembangkan bidang-bidang lain yang bermanfaat.

"Kami sudah sampaikan terima kasih kepada TikTok karena akan mengikuti aturan yang dilakukan pemerintah. TikTok atau yang lain untuk mengembangkan bidang-bidang yang diinginkan, silakan. Kami dari Kemendag akan membantu," imbuh Zulhas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemendag: TikTok Hanya Boleh Tawarkan Barang, tapi Tidak Ada Transaksi", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/10/09/160347226/kemendag-tiktok-hanya-boleh-tawarkan-barang-tapi-tidak-ada-transaksi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm