Penampakan mesin motor yang kehabisan oli, pelumasan kurang menyebabkan kinerja tidak optimal(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Penampakan mesin motor yang kehabisan oli, pelumasan kurang menyebabkan kinerja tidak optimal(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Ternyata Cuaca Panas Bisa Memengaruhi Untuk Usia Oli Motor

10 Oktober 2023 17:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tingginya suhu akibat cuaca panas masih terasa di beberapa wilayah, kondisi ini rupanya bisa memengaruhi performa motor.

Pengaruh tersebut juga cukup fatal, akibat cuaca panas dan suhu ekstrem, masa pakai oli mesin sangat menurun dan waktu gantinya jadi jauh lebih cepat.

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 Tangerang, menjelaskan, normalnya masa pakai oli mesin adalah sekitar 2.000 kilometer, tetapi angka tersebut bisa turun akibat cuaca panas.

“Oli jadi lebih cepat rusak. Memang salah satu penyebabnya itu intensitas pemakaian, tapi cuaca seperti sekarang ini juga ngaruh, soalnya kan panas sekali,” ucapnya kepada Kompas.com di Tangerang, Senin (9/10/2023).

Anto menceritakan pengalamannya dalam kurun waktu beberapa pekan terakhir, saat suhu di wilayah Tangerang dan sekitarnya memang sedang tinggi. Dia menjumpai beberapa pengendara motor dengan kasus unik dan serupa.

Beberapa pelanggannya yang merupakan pengemudi ojek online menjumpai kendala serupa, yakni tarikan motor matik ngadat dan tidak nyaman dikendarai. Langkah penanganannya serupa, yakni cukup ganti oli saja.

Tapi, selang beberapa hari, sebagian pelanggan tersebut kembali lagi ke bengkel dengan keluhan serupa. Setelah Anto memeriksa, ternyata oli yang belum lama diganti sudah banyak menguap.

“Padahal, belum ada 2.000 kilometer, mungkin sekitar 1.000 kilometer, tapi (oli mesin) sudah banyak nguap, cuma sisa sedikit,” ucapnya bercerita.

Berkaca dari kejadian tersebut, Anto mengatakan bila pengendara ojol memang memiliki intensitas berkendara tinggi, sekitar 100 kilometer per-hari.

Namun, intensitas berkendara tinggi saja dianggap tidak cukup untuk membuat oli cepat habis. Cuaca panas dan terik juga jadi salah satu biang kerok yang membuat motor cepat ‘haus’ oli.

“Kalau dari cerita pelanggan (ojol), memang mereka narik dari pagi sampai sore. Kan ketemu panas waktu narik siang-siang. Jadi memang panas itu pengaruh ke oli,” ucapnya.

Menimbang cuaca panas masih berlangsung, Anto menganjurkan pengendara motor untuk rutin memeriksa kondisi oli motor, dan minimal servis rutin sekali setiap 2.000 kilometer.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ternyata Cuaca Panas Bisa Memengaruhi Usia Oli Motor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/10/071200615/ternyata-cuaca-panas-bisa-memengaruhi-usia-oli-motor.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm