SONORABAANGKA.ID - Adalah Pelek peang membuat pengendalian sepeda motor jadi tidak nyaman. Tapi, tidak semua pelek palang bisa dilakukan servis dengan metode press atau ditekan karena, jika salah perhitungan, akan pecah.
Sumantri alias Tri, dari Bengkel Press Motor (BPM) di Limo, Depok, Jawa Barat, mengatakan, pelek palang yang bisa di-press ialah pelek bawaan asli motor.
"Kalau yang asli (bawaan) motor pabrikan bisa. Dia dari babet bahannya," ungkap Tri kepada Kompas.com, di Depok, Jawa Barat, Senin (9/10/2023). Adapun pelek palang yang tidak bisa di-press, kata Tri, ialah pelek racing buatan aftermarket dan kalaupun bisa maka sangat sulit.
"Pelek Mandalika, VND, V-Rossi, RCB gampang pecah kalau di-press. Kalau RCB masih bisa dipress tapi butuh ketelitian lebih, lebih rentan beda dengan pelek bawaan pabrik. RCB masih bisa, tapi susah," kata Tri.
Tri mengatakan, pelek-pelek aftermarket sulit untuk di-press karena bahannya sudah campuran, ada yang dari aluminium atau logam lain yang memiliki material getas.
"Kalau biaya pengerjaan atau harga sama saja," kata Tri.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pelek Racing Motor Bakal Pecah kalau Servis Metode Press?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/10/092200015/pelek-racing-motor-bakal-pecah-kalau-servis-metode-press.