Ilustrasi sup krim kembang kol
Ilustrasi sup krim kembang kol ( Shutterstock/nada54)

Chowder dan Sup, Beda atau Sama? Berikut Penjelasannya

10 Oktober 2023 18:28 WIB

SonoraBangka.id - Sebutan sup di Indonesia identik dengan sayur kuah bening encer dengan kaldu ayam atau sapi, rasanya cenderung ringan.

Ada pula sup sayur yang umumnya berisi wortel, kubis, dan kentang. Sementara itu menurut Taste of Home, sup merupakan cairan yang dibuat dengan air atau kaldu bisa bening atau kental. 

Beberapa sup mengandung bahan-bahan padat seperti sayur, daging, atau ikan. Selain itu, terdapat sup dari campuran beragam bahan yang dihaluskan.

Jika sup mengandung lebih banyak bahan yang kental daripada bahan cair, seringnya disebut stew atau semur. Sup umumnya dimasak dan disajikan panas, meskipun ada beberapa sup dingin yang tidak perlu dimasak. 

Terdapat variasi sup salah satunya chowder atau sup krim. Sesuai namanya, chowder cenderung lebih kental, creamy, dan kaya rasa. Semua chowder dapat dikatakan sebagai sup kental tetapi tidak semua sup dapat disebut chowder.

Melansir All Recipes, kekentalan chowder didapatkan dari tambahan bahan misalnya roux yang terbuat dari campuran tepung terigu dan lemak seperti mentega atau minyak.

Penambahan larutan tepung maizena juga kerap dilakukan agar chowder menjadi lebih kental. Selain itu, dapat pula menambahkan kentang karena kandungan patinya mampu mengentalkan masakan.

Cukup pilih salah satu bahan pengental, tidak perlu dicampur semua. Bahan utama chowder beragam misalnya seafood, ayam, jamur, kentang, maupun wortel.

Ciri khas chowder lainnya adalah berisi potongan besar daging atau seafood dan sayur terutama kentang. Sama seperti sup pada umumnya, chowder juga disajikan dalam keadaan panas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Chowder dan Sup, Beda atau Sama?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/08/100600375/chowder-dan-sup-beda-atau-sama-?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm