Kampas rem depan dan kampas rem belakang motor yang sudah habis, bisa berbahaya bagi pengendara(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Kampas rem depan dan kampas rem belakang motor yang sudah habis, bisa berbahaya bagi pengendara(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Ketahui Untuk Tanda Kampas Rem Motor Perlu Diganti

10 Oktober 2023 20:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kampas rem motor bisa dianggap sebagai salah satu komponen yang kadang terlupakan, sebab masa pakainya cukup lama dan seolah tidak perlu diganti.

Kendati demikian, kampas rem dianggap sebagai komponen fast moving yang tetap memiliki masa pakai. Pengguna motor sebaiknya tetap memperhatikan perawatan dan waktu penggantiannya.

Pasalnya, kampas rem yang terlambat diganti justru bisa menimbulkan lebih banyak komplikasi bagi motor, dengan biaya servis yang jauh lebih mahal.

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 Tangerang, membagikan beberapa tips mudah bagi pengendara motor, untuk mengetahui usia kampas rem dan kapan waktu yang tepat untuk mengganti.

Tips ini dilakukan dengan dua cara, yakni visual alias pengamatan secara langsung, dan perasaan yang mengandalkan sensasi berkendara.

Untuk visual, pengendara bisa langsung melihat secara langsung di area cakram depan motor. Penting diketahui, kampas rem memiliki dua lapisan, jadi cukup diperhatikan asaja apakah lapisan yang menyentuh cakram sudah tipis atau belum.

“Kalau buat (kampas rem) belakang, bisa dilihat di bagian kabel rem. Kalau sudah longgar dan harus dikencangkan sampai separuh, tandanya kampas sudah mau habis,” ucapnya kepada Kompas.com, Senin (9/10/2023).

Masuk ke tips nomor dua, yakni mengetahui dari sensasi berkendara. Menurut Anto, kampas rem sebaiknya diganti bila tarikan tuas terasa lebih dalam dari biasanya.

“Kalau kerasa ngeremnya kudu sampai mentok, itu tandanya sudah tipis. Amannya langsung diganti saja,” kata dia.

Satu indikator lain yang bisa dianggap sebagai ‘peringatan keras’ untuk mengganti kampas rem, adalah saat motor mulai mengeluarkan bunyi-bunyi aneh saat direm.

“Itu tanda kampasnya sudah habis, jadi cuma sisa logam penahannya saja. Bahaya, soalnya bisa mengikis cakram,” kata Anto.

Anto menambahkan, usia pakai kampas rem sejatinya cukup lama, yakni sekitar 10.000 kilometer berdasarkan anjuran pabrik. Tapi dia mengakui jika angka ini terbilang relatif.

Menyoal harga, kampas rem bisa dibilang cukup murah jika mempertimbangkan masa pakainya.

Banderolnya beragam tergantung jenis motor, namun ada di kisaran Rp 100.000 untuk bagian depan dan Rp 80.000 untuk bagian belakang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketahui Tanda Kampas Rem Motor Perlu Diganti", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/10/121200115/ketahui-tanda-kampas-rem-motor-perlu-diganti?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm