Pabrik Toyota yang ada di wilayah Durban, Afrika Selatan.(Nikkei)
Pabrik Toyota yang ada di wilayah Durban, Afrika Selatan.(Nikkei) ( KOMPAS.COM)

Toyota Gandeng LG untuk Pasok Baterai Mobil Listrik

10 Oktober 2023 21:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah LG Energy Solution Ltd (LGES) resmi menandatangani kontrak kerja sama selama 10 tahun untuk memasok baterai mobil listrik atau electric vehicle (EV) ke Toyota Motor Corporation yang akan diproduksi di Amerika Serikat (AS).

Melalui investasi senilai 3 miliar dollar AS (sekitar Rp 46,6 triliun), pasokan baterai oleh LGES dimulai pada 2025 mendatang. Perjanjian ini diresmikan oleh LG Energy Solution Michigan, Inc. dan Toyota Motor Engineering and Manufacturing North America, Inc.

Melansir keterangan resmi perseroan pada Selasa (10/10/2023), langkah ini merupakan kali pertama bagi perusahaan baterai Korea itu untuk menandatangani kontrak pasokan baterai dengan produsen mobil Jepang tersebut.

Dalam kontrak itu, LGES akan membangun pabrik baterai sebesar 20 GWh di Michigan pada 2025, dengan rencana untuk memasok baterai ion litium NCMA yang kaya akan nikel ke Toyota selama 10 tahun sampai 2035.

Baterai NCMA baru LGES (nikel, kobalt, mangan, aluminium) menggunakan katoda nikel sebesar 90 persen, mengurangi penggunaan kobalt dan mengadopsi aluminium untuk meningkatkan keamanan.

Selanjutnya, sel-sel baterai LGES yang diproduksi di pabrik Michigan yang akan datang bakal dikirim ke pabrik Toyota di Kentucky dan dirakit di sana menjadi paket baterai untuk model mobil listrik produsen mobil tersebut.

Pembuat baterai akan membangun jalur produksi baru di Michigan untuk sel baterai tipe kantong dan modul untuk Toyota.

Dengan kesepakatan pasokan terbaru ini, LGES menjadi pemasok baterai untuk lima produsen mobil teratas di dunia, yaitu General Motors Co., Toyota Motor, Hyundai Motor Group, Volkswagen Group, dan aliansi Renault-Nissan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Toyota Gandeng LG buat Pasok Baterai Mobil Listrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/10/150100215/toyota-gandeng-lg-buat-pasok-baterai-mobil-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm