Ilustrasi bengkel spesialis press sasis dan setang motor(KOMPAS.com/GILANG SATRIA)
Ilustrasi bengkel spesialis press sasis dan setang motor(KOMPAS.com/GILANG SATRIA) ( KOMPAS.COM)

Biaya Untuk Servis Press Rangka Sepeda Motor

11 Oktober 2023 17:08 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Selain segitiga alias komstir dan pelek, salah satu komponen yang paling sering di-press pasa sepeda motor karena tidak lurus ialah rangka atau sasis.

Rangka memegang peran penting dalam kenyamanan berkendara sepeda motor. Rangka yang tidak lurus sudah pasti membuat pengendalian motor jadi tidak enak.

Sumantri alias Tri dari Bengkel Press Motor (BPM) yang buka praktek di Limo, Depok, Jawa Barat, mengatakan, press rangka biasanya bila motor mengalami kecelakaan berat.

"Press rangka banyak itu motor-motor matik bekas kecelakaan. Kadang ada yang sampai rangka depannya mendem ke dalam dan melintir," kata Tri kepada Kompas.com, belum lama ini.

"Biasanya yang di-press itu setelah jatuh kemudian sudah press segitiga tapi motor masih tidak enak, masih belok, baru press rangka," ujar Tri.

Tri mengatakan biaya press rangka tergantung seberapa parah kondisi. Tapi paling murah sekitar Rp 350.000 untuk motor matik sekelas Honda Beat atau Yamaha Mio.

"Kalau bongkar pasang di sini saya kasih harga Rp 350.000 - Rp 400.000 tergantung motor juga. Kita lihat dulu kondisinya, yang kena itu rangka depan atau belakang," ujar Tri.

"Kadang ada juga yang ngambil full body (rangka keseluruhan) itu Rp 450.000. Itu semuanya dikerjakan mulai dari segitiga dan rangka," ujar Tri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Biaya Servis Press Rangka Sepeda Motor ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/11/094200515/biaya-servis-press-rangka-sepeda-motor-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm