Ilustrasi bengkel spesialis press sasis dan setang motor(KOMPAS.com/GILANG SATRIA)
Ilustrasi bengkel spesialis press sasis dan setang motor(KOMPAS.com/GILANG SATRIA) ( KOMPAS.COM)

Ciri-ciri Untuk Rangka Sepeda Motor Bengkok

11 Oktober 2023 18:15 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Usai jatuh biasanya sepeda motor jadi tidak enak saat dibawa. Bisa jadi hal itu terjadi karena rangka bengkok alias tidak lurus sebagaimana mestinya.

Sumantri alias Tri dari Bengkel Press Motor (BPM) di Limo, Depok, Jawa Barat, mengatakan, ada ciri-ciri khusus jika rangka bengkok.

"Rangka depan itu dapat dilihat dari pegangan segitiga setang (komstrir) ada yang melintir atau mendem ke dalam. Terlihat biasanya dari setang yang tidak sejajar," ujar Tri kepada Kompas.com, Selasa (10/10/2023).

"Kalau rangka belakang dia kelihatan itu di ban mencong (tidak sejajar) dan kemudian kadang dari jok itu naik sebelah. Bagaimana posisi rangka belakang yang melintir," ujar Tri.

Bila rangka bengkok maka harus di press. Tri mengatakan, menge-press rangka tidak bisa diburu-buru sebab harus dicari benar titik-titiknya.

Tri mengatakan biaya press rangka tergantung seberapa parah kondisi. Tapi paling murah sekitar Rp 350.000 untuk motor matik sekelas Honda Beat atau Yamaha Mio.

"Kalau bongkar pasang di sini saya kasih harga Rp 350.000 - Rp 400.000 tergantung motor juga. Kita lihat dulu kondisinya, yang kena itu rangka depan atau belakang," ujar Tri.

"Kadang ada juga yang ngambil full body (rangka keseluruhan) itu Rp 450.000. Itu semuanya dikerjakan mulai dari segitiga dan rangka," ujar Tri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ciri-ciri Rangka Sepeda Motor Bengkok", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/11/170100115/ciri-ciri-rangka-sepeda-motor-bengkok.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm