Ilustrasi mencuci piring.
Ilustrasi mencuci piring. ( Shutterstock/sukiyaki)

Hemat Sabun dan Air, Berikut 8 Ini Cara Cuci Piring Praktis

12 Oktober 2023 07:01 WIB

SonoraBangka.id -  Salah mencuci piring bisa jadi membuat jumlah sabun dan air terbuang lebih banyak daripada seharusnya. Tips mencuci piring ini bisa diikuti untuk menghemat sabun dan air yang digunakan. Mudah untuk diikuti. Ada delapan cara mencuci piring mudah, dilansir dari The Spruce dan The Kitchn berikut ini.

1. Buang sisa makanan

Bersihkan piring atau wadah lainnya dari sisa makanan sebelum mulai mencuci piring. Gunakan spatula karet agar piring tidak tergores dan langsung buang sampah ke tempat pembuangan supaya westafel tidak tersumbat.

2. Siapkan sabun pencuci piring

Pilih sabun pencuci piring denagn konsentrasi surfaktan tinggi sehingga dapat mengangkat isa makanan yang kotor di permukaan. Menggunakan jenis sabun cuci piring berkualitas juga dapat menghemat penggunaan air karena mudah menghilangkan kotoran, tanpa harus membilas piring berkali-kali.

3. Rendam piring selama beberapa menit

Piring kotor, khususnya yang memiliki kerak membandel, sebaiknya direndam selama beberapa menit sebelum dicuci. Hal ini akan memudahkan proses mencuci piring dan menghemat jumlah sabun yang digunakan.

4. Pakai garam untuk menghilangkan lemak

Oleskan garam ke piring kotor sebelum dicuci. Biarkan sebentar hingga kotoran di permukaannya terangkat. Lanjutkan mencuci piring dengan sabun seperti biasa.

5. Gunakan air dingin untuk mencuci gelas bekas susu

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm