Mika lampu berembun(Stanly/Otomania)
Mika lampu berembun(Stanly/Otomania) ( KOMPAS.COM)

Kenali Dua Untuk Penyebab Utama Mika Lampu Mobil Berembun

12 Oktober 2023 20:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mika lampu berembun tak cuma membuat tampilan mobil jadi kurang cantik namun juga berpengaruh pada konsentrasi pendar cahaya yang jadi terhalang embun.

Rizal Sidiq alias Diqdiq pemilik toko MG Garage di sentra otomotif Blok M, Jakarta, mengatakan, setidaknya ada dua penyebab utama mika lampu mobil berembun.

"Kalau berembun itu ada beberapa faktor. Pertama biasanya kalau lemnya itu sudah getas karena umur, dan kedua dari pemasangan bohlam yang kurang pas," kata Diqdiq kepada Kompas.com, di Jakarta, Rabu (1/10/2023).

Diqdiq menjelaskan, mika lampu memiliki seal atau lem. Saat lem tersebut getas dan renggang karena faktor usia maka timbul celah yang bisa membuat mika jadi berembun.

Begitu juga saat pemasangan bohlam lampu kurang pas dan menyisakan celah kecil. Celah ini yang kemudian bisa menimbulkan embun dan membuat tampilan lampu kurang menarik.

Adapun pengembunan atau kondensasi terjadi ketika uap air di udara melewati permukaan yang jauh lebih dingin, uap air ini yang terkondensasi menjadi sebuah titik-titik air atau embun.

"Jadi kalau mika itu terbuka bisa membuat air masuk, sedangkan embun itu beberapa tetes air saja kemudian dia bisa menguap dan jadi embun," ujar Diqdiq.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Dua Penyebab Utama Mika Lampu Mobil Berembun", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/12/090200315/kenali-dua-penyebab-utama-mika-lampu-mobil-berembun.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm