mika lampu kusam bagian atasnya, tanda terkena sinar matahari terlalu lama.(Kompas.com/Erwin Setiawan)
mika lampu kusam bagian atasnya, tanda terkena sinar matahari terlalu lama.(Kompas.com/Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Ganti Bohlam Lampu Sembarangan, Bisa Bikin Mika Jadi Kusam

14 Oktober 2023 17:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tak sedikit pemilik mobil mengganti bohlam lampu dengan tujuan memiliki pendar cahaya lebih terang. Tapi, rupanya asal mengganti bohlam lampu dapat membuat mika lampu malah jadi kusam.

Rizal Sidiq alias Diqdiq, pemilik MG Garage, toko penjual lampu-lampu mobil copotan di sentra otomotif Blok M, Jakarta, mengatakan, bohlam lampu dengan watt terlalu besar dari aslinya bisa bikin mika kaca jadi "berkabut."

Sebab bohlam lampu yang terlalu terang biasanya lebih panas, panas tersebut cenderung akan mengeluarkan asap dan asap tersebut akan terkumpul di mika lampu yang membuatnya jadi kusam.

"Bohlam lampu itu tergantung kalau standar pabrik dia tidak apa-apa, tapi kalau diganti dengan watt yang lebih besar dengan model HID itu biasanya berasap lama-kelamaan, nah asapnya itu akan menampel di mika," kata Diqdiq kepada Kompas.com, belum lama ini.

Pria asal Ciamis, Jawa Barat, tersebut mengatakan, asap dari bohlam lampu sebetulnya bisa terlihat dari luar. Secara kasat mata bentuknya seperti kabut karena berupa asap putih.

"Ada asapnya dia menempel putih di mika dalam membuat mika jadi tidak bening. Bohlam juga setahu saya kalau yang murah lama-lama akan berasap tapi yang bagus itu tidak," ujarnya.

Diqdiq mengatakan, bila mika lampu sudah terlanjur kusam maka satu-satunya cara ialah dengan membersihkan mika dari dalam.

"Dibuka dan dibersihkan. Kalau di dalam tidak diamplas tapi cuma dibersihkan saja, karena biasanya dia tidak ada keraknya," ujar Diqdiq.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ganti Bohlam Lampu Sembarangan, Bisa Bikin Mika Kusam", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/14/074200215/ganti-bohlam-lampu-sembarangan-bisa-bikin-mika-kusam.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm