Sat Polairud Polres Bangka Barat telah menertibkan tambang timah ilegal yang beraktivitas di perairan Tembelok, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat. Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah, meminta, masyarakat menarik ponton isap produksi (PIP) keluar dari laut Tembelok dan Keranggan, Sabtu (14/10/2023) hari ini.
Sat Polairud Polres Bangka Barat telah menertibkan tambang timah ilegal yang beraktivitas di perairan Tembelok, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat. Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah, meminta, masyarakat menarik ponton isap produksi (PIP) keluar dari laut Tembelok dan Keranggan, Sabtu (14/10/2023) hari ini. ( IST/Polairud Babar )

Penambang Ilegal Diingatkan Kapolres Bangka Barat Untuk Tarik Ponton dan Kosongkan Wilayah Tembelok

15 Oktober 2023 08:57 WIB

SonoraBangka.id - Sat Polairud Polres Bangka Barat kembali menertibkan tambang timah ilegal yang beraktivitas di perairan Tembelok, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat.

Kapolres Bangka BaratAKBP Ade Zamrah meminta masyarakat menarik ponton isap produksi (PIP) keluar dari laut Tembelok dan Keranggan, Sabtu (14/10/2023) hari ini.

“Kepada seluruh masyarakat yang melakukan penambangan ilegal di wilayah Tembelok dan Keranggan, kita aparat penegak hukum akan melakukan tindakan tegas. Minta masyarakat menarik ponton-ponton keluar dari laut Tembelok,”kata Kapolres Bangka BaratAKBP Ade Zamrah, Sabtu (14/10/2023).

Ade Zamrah mengatakan penertiban di perairan Tembelok kembali dilakukan karena lokasi tersebut tidak memiliki izin.

Ia mengatakan, apabila ingin menambang untuk dapat mengurus perizinannya.

“Kepada pemilik ponton yang diamankan, kami dari Polres Bangka Barat akan membuat surat pernyataan dan apabila masih menambang di wilayah yang ilegal akan kita tindak tegas,”tegasnya.

Pantauan Bangkapos.com, Sabtu (14/10/2023) siang, puluhan ponton isap produksi (PIP) masih terlihat ramai mengapung/bersandar tidak beraktivitas di perairan Pantai Asmara bersebelahan dengan perairan Tembelok.

Lalu lalang speed boat kayu masih terlihat menarik PIP, melewati Pantai Tanjung Kalian, Pantai Asmara keluar dari perairan Tembelok.

Diketahui sebelumnya, ratusan ponton isap produksi (PIP) ini, sempat beraktivitas di kawasan yang bukan Wilayah Usaha Pertambangan (WUP). 

Personel gabungan Polres Bangka Barat dan TNI telah berulang kali mengingatkan penambang untuk tidak menambang.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm