Ilustrasi puding busa.
Ilustrasi puding busa. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Lifestyle Travel Photo)

Pastikan Putih Telur Dingin, Berikut 5 Cara Membuat Puding Busa Berlapis

15 Oktober 2023 14:40 WIB

SonoraBangka.id -  Puding busa salah satu varian puding favorit yang dibuat dari putih telur dan agar-agar. Cara membuat puding busa cukup mudah dengan memperhatikan bahan-bahannya seperti pemilihan agar-agar, cairan dalam adonan seperti susu atau santan, dan putih telur.

Simak cara membuat puding busa berlapis berikut ini dikutip dari majalah "Sedap / NOV 2012" (2012) karya Sedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Agar-agar

Membuat puding busa dibutuhkan agar-agar tanpa perlu ditambahkan jeli, dapat menyebabkan adonan menggumpal.

2. Cairan pada puding

Cairan pada puding busa dibuat dari susu, santan, atau sari buah. Perbandingannya bisa diatur. Semakin banyak air, akan menghasilkan puding yang lembut. Sementara lebih sedikit air akan menghasilkan puding yang kokoh.

3. Putih telur

Putih telur sebaiknya dalam kondisi dingin agar mudah mengental. Perhatikan kondisi putih telur, harus bebas dari kuning telur, air, atau lemak.

Gunakan tempat selain baskom plastik untuk mengocok putih telur. Jangan mengocok putih telur bersama dengan gula, biarkan setengah mengembang dahulu kemudian masukkan gula.

Mengocok putih telur harus dengan kecepatan sedang, jangan sampai kaku saat mengocok cukup sampai mengembang. Pengocokan hingga kaku dapat menggumpalkan adonan puding. Adonan agar-agar harus dituang panas le dalam kocokan putih telur agar putih telur matang.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm