ilustrasi chiffon cake.
ilustrasi chiffon cake. ( shutterstock/anmannyan)

Mengapa Lebih Baik Pakai Telur Suhu Ruang Saat Baking ?

15 Oktober 2023 15:09 WIB

SonoraBangka.id - Sedang ingin mencoba aneka resep roti dan kue di rumah? Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memulainya.

Salah satunya, pada penggunaan telur. Dilansir dari beberapa sumber, selain segar, telur yang digunakan untuk baking lebih baik memiliki suhu ruang.

Ketahui lebih banyak seputar alasan mengapa perlu menggunakan telur suhu ruang saat baking berikut ini. 

Mengapa perlu pakai telur suhu ruang saat baking ?

Dilansir dari laman The Kitchn, telah dilakukan sebuah penelitian tentang kue yang dibuat dengan telur bersuhu ruang dan yang memiliki kondisi dingin.

Secara keseluruhan, para pencicip kue merasa tidak ada perbedaan yang menentu. Hanya saja, kue dari telur bersuhu ruang memiliki tekstur yang lebih halus dan merata dibandingkan dengan kue dari telur yang dingin.

Walau tidak ada perbedaan yang cukup signifikan, tetapi para pencicip menyarankan untuk menggunakan telur bersuhu ruang. Bagi kamu yang ingin membuat aneka kue, roti, atau bolu yang mengandalkan pengocokkan udara ke dalam telur.

Misalnya saja, chiffon cake atau angle cake. Pasalnya, putih telur dalam kondisi dingin tidak bisa mengocok dengan baik sehingga tekstur kue lebih padat.

Ditambahkan dengan laman All Recipes, telur dengan suhu ruang lebih mudah dan cepat bercampur dengan bahan lainnya sehingga bisa membuat adonan. lebih stabil dan halus.

Pasalnya, telur dengan kondisi dingin bisa menyebabkan perbedaan suhu sehingga membuat lemak mengeras dan mengental.

Ditambahkan juga dari laman Real Simple, kalau telur, mentega, dan susu dengan suhu ruang akan lebih mudah menyatu dan membentuk emulsi sehingga bisa menangkap udara dengan baik.

Tentu saja, cara tersebut bisa membuat hasil dari aneka kue atau bolu lebih ringan dan matang merata.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Mengapa Lebih Baik Pakai Telur Suhu Ruang Saat Baking", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/15/111100175/alasan-mengapa-lebih-baik-pakai-telur-suhu-ruang-saat-baking.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm