Ilustrasi daging beku di freezer.
Ilustrasi daging beku di freezer. ( SHUTTERSTOCK/AHANOV MICHAEL)

Berikut 7 Cara Membekukan Aneka Bahan Makanan Tahan Sampai 3 Bulan

15 Oktober 2023 15:17 WIB

SonoraBangka.id - Banyak bahan makanan aman disimpan beku di freezer. Cara ini dapat memperpanjang umur simpannya. Namun, setiap bahan makanan harus disimpan dengan cara khusus, memastikan keamanan pangannya. Dilansir dari The Spruce Eats, simak cara membekukan aneka bahan makanan berikut ini.

1. Atur suhu  freezer  dengan tepat 

Suhu beku freezer menjadi penentunya. Kamu harus memastikan suhu freezer minus 17 derajat celsius atau di bawahnya. Suhu freezer akan membantu memperlambat produksi bakteri dan mencegah pembusukan makanan selama disimpan.

2. Pakai wadah plastik

Dibandingkan dengan wadah kaca, bahan plastik dinilai lebih baik untuk membekukan bahan makanan. Sebab, wadah kaca berpotensi retak hingga pecah bila mengalami perubahan suhu drastis menjadi sangat beku. Kamu dapat memanfaatkan kantong plastik khusus untuk menyimpan makanan atau wadah plastik kedap udara.

3. Bagi porsi bahan makanan

Tentukan kapan kira-kira kamu ingin mengolah bahan makanan tersebut, kemudian bagi porsinya. Hindari menyimpan bahan makanan dalam jumlah banyak di satu wadah karena sulit menjaga kesegarannya. Bila disesuaikan dengan porsi masak, kamu dapat membuka satu wadah bahan makanan tanpa mengotori wadah lainnya.

4. Langsung bekukan daging dan seafood 

Simpan daging dalam bungkus plastik dan taruh langsung di dalam freezer. Biarkan membeku. Jangan menyimpan daging mentah di kulkas selama berhari-hari, baru menyimpannya di freezer. Hal ini bisa menyebabkan kualitasnya menurun. Cukup simpan daging atau seafood mentah selama dua hingga tiga bulan di freezer, lalu cairkan dulu semalaman di kulkas sebelum memasaknya.

5. Blanch  sayuran sebelum dibekukan

Siapkan sayuran, mulai dari memotong, membersihkan, hingga membilasnya dengan air panas sebelum dibekukan. Selanjutnya, rebus selama satu hingga dua menit, lalu tiriskan dan biarkan sayuran dingin sebelum dibekukan. Cara membekukan sayuran ini dapat mempermudah pemasakan setelahnya. Kamu hanya perlu mencairkan sayuran beku, lalu memasaknya sebentar. Namun, khusus sayuran berdaun, seperti selada dan kangkung, sebaiknya tidak disimpan beku.

6. Kocok telur sebelum disimpan beku

Telur tidak disarankan disimpan beku. Sebab, cangkangnya bisa pecah dan bagian dalamnya terasa kenyal setelah dibekukan. Pecahkan dan kocok telur sebelum disimpan beku. Boleh tambah garam atau gula saat mengocoknya. 7. Menyimpan susu dan olahannya Susu murni boleh sja dibekukan, tetapi teksturnya akan berubah ketika dicairkan. Sementara untuk krim kental dan keju, bisa disimpan beku dalam wadah berlapis perkamen untuk menjaga kualitasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Cara Membekukan Aneka Bahan Makanan, Tahan Lama hingga 3 Bulan ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/14/190700075/7-cara-membekukan-aneka-bahan-makanan-tahan-lama-hingga-3-bulan?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm