Ilustrasi bolu kering jadul dengan bahan sederhana.
Ilustrasi bolu kering jadul dengan bahan sederhana. ( DOK.SHUTTERSTOCK/NilaSito)

Pakai 4 Bahan Saja, Berikut Cara Membuat Bolu Kering Jadul

15 Oktober 2023 15:21 WIB

SonoraBangka.id - Berbeda dengan bolu pada umumnya yang punya tekstur lembut, bolu kering jadul ini punya tekstur yang renyah di bagian luar tetapi lembut di dalamnya. 

Bahan untuk membuat bolu kering yang satu ini juga sangat sederhana. Hanya terdiri dari empat bahan saja.  Namun untuk menghasilkan tekstur crunchy yang alami, kamu perlu jemur adonan bolu selama satu jam.

Kemudian panggang dalam oven dengan suhu tertentu.  Selengkapnya, simak resepnya dari buku "CAMILAN ERA KOLONIAL" (2016) oleh Tim Dapur Esensi terbitan Penerbit Erlangga. 

Resep bolu kering jadul 

Bahan 

200 gram gula pasir

4 butir telur

200 gram terigu

1/2 sdt vanili bubuk 

Cara membuat bolu kering jadul

1. Kocok gula pasir dan telur sampai putih dan mengembang. Tuang terigu sedikit demi sedikit. 

2. Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega. Taburi dengan tepung dan panggang. 

3. Kalau adonan sudah dingin, potong dan jemur selama satu jam. Panggang kembali dalam oven dengan suhu sekitar 100 derajat celsius atau dengan api kecil. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Bolu Kering Jadul, Pakai 4 Bahan Saja", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/15/100900775/resep-bolu-kering-jadul-pakai-4-bahan-saja.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm