Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023(Dok. Ducati)
Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023(Dok. Ducati) ( KOMPAS.COM)

Hasil MotoGP Mandalika 2023: Penuh Drama, Bagnaia Berhasil Juara Martin Tumbang

15 Oktober 2023 19:14 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah MotoGP Mandalika 2023 berjalan dengan penuh drama. Francesco Bagnaia berhasil menjadi juara, disusul Maverick Vinales dan Fabio Quartararo di posisi ketiga, pada balapan di Sirkuit Mandalika, Minggu (15/10/2023).

Jorge Martin mengalami hasil buruk, setelah mengalami low side dan gagal melanjutkan balapan. Padahal, Martin sendiri sedang memimpin jalannya balapan, dan tidak bisa membawa pulang poin dari GP Mandalika 2023.

Jalannya Balapan

Luca Marini yang start dari pole position tidak bisa mempertahankan posisinya. Jorge Martin justru yang langsung meroket dan memimpin sejak tikungan pertama.

Martin diikuti Maverick Vinales langsung membuka jarak dengan pebalap di belakangnya. Posisi ketiga ditempati oleh Fabio Quartararo.

Francesco Bagnaia yang start dari posisi ke-13 naik langsung ke posisi keenam. Lap berikutnya, Bagnaia sudah naik ke posisi keempat. Bersamaan dengan itu, Luca Marini terjatuh karena bersenggolan dengan Brad Binder.

Pada lap ketiga, Bagnaia berhasil melewati Quartararo. Pebalap Yamaha tersebut tidak dapat mempertahankan posisinya dan terus merosot. Quartararo juga disalip oleh Aleix Espargaro dan Binder.

Sementara itu, Martin masih memimpin jalannya balapan dengan pilihan ban depan Soft dan ban belakang Medium. Sementara Bagnaia, mengandalkan ban depan Hard dan ban belakang Medium.

Vinales masih ada di antara kedua pebalap tersebut. Pada lap keempat, jarak Vinales dengan Bagnaia terpaut hingga 1,8 detik. Dengan pilihan ban depan Hard, Bagnaia diyakini memiliki keuntungan untuk masih bisa memiliki cengkeraman pada akhir balapan.

Pada lap kelima, Bagnaia terus ditempel oleh Aleix. Sementara jarak Bagnaia dengan Vinales, terus mendekat. Jarak Vinales sendiri dengan Martin cukup jauh, yakni selisih hingga 1,5 detik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm