Manfaat beras merah, meliputi kontrol kadar gula darah dan berat badan.
Manfaat beras merah, meliputi kontrol kadar gula darah dan berat badan. ( Shutterstock/NIPAPORN PANYACHAROEN)

Berapakah Banyak Air yang Dibutuhkan untuk Masak Beras?

16 Oktober 2023 14:47 WIB

SonoraBangka.id - Beda jenis beras, beda juga kebutuhan air untuk memasaknya hingga matang dan pulen. Rasio beras dan air ini berlaku untuk jenis beras bulir panjang, beras bulir pendek, dan beras merah.

Cara memasak beras dengan jumlah air yang tepat ini dapat membantu menghemat air, sekaligus memeringati Hari Pangan Sedunia 2023. Pasalnya, FAO mengusung tema "Water is life, water is food.

Leave no one behind" pada Hari Pangan Sedunia 2023 yang jatuh pada 16 Oktober 2023. Dilansir dari Southern Living, simak perbandingan beras dan air untuk jenis beras berbeda berikut ini.

1. Gunakan rasio dua banding satu untuk beras bulir panjang

Beras bulir panjang yang populer adalah beras basmati. Cara memasak beras basmati yang benar adalah menggunakan perbandingan dua air dan satu beras. Masak setiap satu gelas beras dengan dua gelas air agar pulen dan tidak terlalu lengket setelah matang. Cuci dan bilas beras bulir panjang sebelum dimasak, lalu masak di atas kompor atau rice cooker. Biarkan nasi matang dan didiamkan selama 10 menit hingga agak mengering sebelum disajikan. 

2. Pakai lebih sedikit air untuk memasak beras bulir pendek

Beras bulir pendek atau jenis beras yang paling sering digunakan untuk konsumsi sehari-hari, memerlukan jumlah air berbeda. Dibandingkan dengan beras bulir panjang, beras bulir pendek memerlukan air lebih sedikit untuk dimasak. Gunakan satu seperempat gelas air untuk memasak satu gelas beras bulir pendek. Cuci dan bilas beras selama dua hingga kali, lallu masak selama 25-30 menit hingga matang.

3. Takaran air untuk memasak beras merah

Cara memasak beras merah tidak selalu sama. Bergantung pada panjang-pendek bulir beras yang dimasak. Gunakan satu gelas lebih tiga per empat air untuk satu gelas beras merah bulir panjang, atau pakai dua gelas air untuk memasak satu gelas beras merah bulir pendek. Cuci dan bilas beras merah, masak selama 45 menit hingga matang. Bila masih kurang pulen, tambahkan sedikit air panas dan lanjutkan memasak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berapa Banyak Air yang Dibutuhkan untuk Masak Beras?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/16/113600675/berapa-banyak-air-yang-dibutuhkan-untuk-masak-beras-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm