Asap knalpot mesin diesel berwarna putih pekat akibat injektor yang bermasalah (Tangkapan layar)
Asap knalpot mesin diesel berwarna putih pekat akibat injektor yang bermasalah (Tangkapan layar) ( KOMPAS.COM)

Ketahui Untuk Tanda dan Penyebab Oli Mesin Mobil Bocor

16 Oktober 2023 21:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Asap putih tebal yang keluar dari knalpot mobil bisa menjadi sumber kekhawatiran pemilik kendaraan. Bahkan ini juga menjadi salah satu tanda ada kerusakan yang perlu segera ditangani.

Sehingga bila mengalami kejadian tersebut, pemilik mobil disarankan untuk melakukan pengecekan komponen, sebab ini bisa menjadi tanda adanya oli masuk ke ruang bahan bakar.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan. asap putih tebal yang keluar dari mobil menunjukkan adanya kebocoran oli.

Asap knalpot berwarna putih tebal, ini menunjukkan adanya oli yang masuk ke ruang bakar. Artinya sudah terjadi kebocoran oli,” ungkap Iwan kepada Kompas.com belum lama ini.

Iwan menjelaskan, pelumas tersebut masuk ke ruang pembakaran lewat piston atau ring piston, cylinder liner atau seal-seal katup.

Cara mengatasinya, bisa melakukan penggantian seal-seal set, piston dan ring piston, atau jika sudah parah mobil harus turun mesin.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, asap putih dari knalpot menjadi tanda adanya masalah pada ring piston (ring saher) atau seal klep.

“Tandanya ring piston sudah lemah ialah kompresi mesin jadi rendah, selain itu oli terbakar sehingga mengeluarkan asap putih di knalpot. Kalau sudah begitu dampaknya tenaga mesin berkurang,” ungkap Didi kepad Kompas.com beberapa waktu lalu.

Didi menjelaskan, ini terjadi karena ring piston tidak bisa menahan oli masuk ke ruang bahan bakar. Oli yang ikut terbakar menghasilkan warna putih pekat, kemudian keluar bersamaan di lubang knalpot.

“Jika sudah seperti itu cara penangannya turun mesin, atau overhaul untuk mengganti piston yang baru,” ungkap Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketahui Tanda dan Penyebab Oli Mesin Mobil Bocor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/16/111200515/ketahui-tanda-dan-penyebab-oli-mesin-mobil-bocor.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm