Bengkel perbaikan bodi mobil punya berbagai pilihan mulai dari bengkel resmi sampai body repair atau reparasi pinggir jalan yang biasa dikenal dengan sebutan cat duco.(KOMPAS.com/Gilang)
Bengkel perbaikan bodi mobil punya berbagai pilihan mulai dari bengkel resmi sampai body repair atau reparasi pinggir jalan yang biasa dikenal dengan sebutan cat duco.(KOMPAS.com/Gilang) ( KOMPAS.COM)

Ketebalan Maksimal Saat Pasang Dempul Untuk Mobil Harian

17 Oktober 2023 20:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Dempul merupakan material pelapis bodi mobil sebelum proses pengecatan. Selain sebagai pelapis, dempul juga kerap dijadikan sebagai bahan pembentuk bodi seperti yang banyak dilakukan oleh pelaku kustom.

Maka dari itu, dibutuhkan dempul yang sifatnya ringan sehingga tidak membebani performa mobil, khususnya untuk mobil kustom.

Sedangkan untuk mobil-mobil harian, biasanya yang menjadi acuan adalah ketebalan dempul. Hal itu bertujuan untuk menghindari penambahan bobot kendaraan dan hasil yang lebih optimal.

Creative Marketing Manager Alfaglos, Edwin Saputra mengatakan umumnya pengaplikasian dempul tidak boleh terlalu tebal, khusus untuk mobil yang digunakan harian.

“Ketebalan dempul akan menambah bobot kendaraan, sehingga dapat mengganggu performa mobil, standarnya ketebalan dempul maksimal 5 mm,” ucap Edwin kepada Kompas.com, dalam acara Kustomfest 2023, Sabtu (7/10/2023).

Maka dari itu, menurut Edwin dempul yang ringan bobotnya menjadi kelebihan tersendiri bagi produk.

“Setahu saya hanya ada pada Alfaglos, dempul yang memperhatikan aspek ringannya karena kami melihat potensi atau kebiasaan pelaku kustom biasanya membutuhkan dempul lebih banyak,” ucap Edwin.

Selain menambah beban kendaraan, dempul yang terlalu tebal juga membutuhkan waktu kering lebih lama.

Kalau proses pengeringan dempul ini terabaikan karena ada bagian yang terlalu tebal, menurut Edwin hasilnya tidak akan baik. Dempul menjadi tidak awet dan kualitas catnya menjadi tidak bagus.

“Harus perlu dipastikan betul-betul dempul sudah kering, karena jika ketebalan dempul diluar batas maka estimasi kering bisa di luar perhitungan produsen,” ucap Edwin.

Oleh sebab itu, ketebalan dempul pada mobil harian maksimal dibatasi yakni 5 mm agar tidak menambah bobot mobil terlalu banyak atau gunakan dempul yang memiliki sifat ringan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketebalan Maksimal Saat Pasang Dempul Mobil Harian", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/17/121200015/ketebalan-maksimal-saat-pasang-dempul-mobil-harian.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm