Ilustrasi kaldu ayam untuk bahan bikin MPASI.
Ilustrasi kaldu ayam untuk bahan bikin MPASI. ( PIXABAY/LISA REDFERN)

Warnanya Keruh, Berikut Ini 6 Tanda Kaldu Ayam Basi

18 Oktober 2023 14:55 WIB

SonoraBangka.id -  Kamu termasuk orang yang lebih suka menggunakan kaldu ayam cair? Penting untuk mengetahui ciri dari kaldu ayam yang sudah tidak layak pakai.

Ada banyak faktor yang memengaruhi kaldu ayam basi, misalnya karena penggunaan bahan yang kurang segar hingga cara simpan kaldu yang tidak benar. Dilansir dari laman eHow, coba simak penjelasan seputar beberapa tips kaldu ayam basi. 

1. Lihat dari tampilannya

Dalam laman tersebut menyebutkan kalau kaldu ayam yang masih segar dan layak pakai memiliki tampilan jernih dengan warna kekuningan. Sebaliknya, jika kaldu ayam terlihat keruh dengan endapan sedikit lemak ayam bisa jadi itu menandakan kalau kaldu ayam basi.

2. Cium aroma kaldu ayam

Tidak ada salahnya untuk mencium aroma kaldu ayam. Jika aromanya asam atau tidak sedap, besar kemungkinan kalau kaldu sudah basi.

3. Perhatikan wadah penyimpanan kaldu ayam

Kamu juga bisa melihat dari wadah penyimpanannya, jika wadah yang digunakan menggembung maka bisa dipastikan kaldu di dalamnya basi. Ada bakteri pembusuk dan ragi yang bisa melepaskan gas sehingga membuat wadah penyimpanan menjadi menggembung. 

4. Perhatikan cara menyimpannya

Ada banyak cara menyimpan kaldu ayam yang benar, tetapi tips simpan yang benar adalah pastikan kaldu ayam dalam keadaan dingin. Setelah itu, simpan di wadah tertutup rapat. Kaldu ayam yang masih hangat kemudian disimpan dan ditutup rapat dalam wadah, bisa membuatnya cepat basi.

5. Lihat tanggal penyimpanan

Sebelum menyimpan kaldu ayam, ada baiknya untuk selalu menuliskan tanggal pertama kali kaldu dibuat dan disimpan. Kaldu ayam bisa bertahan hingga enam hari, jika disimpan dalam lemari es. Sementara kaldu ayam dalam kaleng rumahan bisa bertahan hingga 1 tahun.

6. Cicipi kaldu

Jika kamu ragu, apakah kaldu ayam dalam keadaan masih bisa digunakan atau basi. Cicipi sedikit saja kaldu ayam. Kalau rasanya tidak enak, berbau busuk, atau tengik, itu tandanya kaldu ayam tidak bisa digunakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Tanda Kaldu Ayam Basi, Warnanya Keruh ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/18/131300875/6-tanda-kaldu-ayam-basi-warnanya-keruh-?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm