Oli mesin Pertamina Fastron(PERTAMINA)
Oli mesin Pertamina Fastron(PERTAMINA) ( KOMPAS.COM)

Perbedaan Karakter Oli Mesin Diesel dengan Bensin

18 Oktober 2023 20:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Dapur pacu pada kendaraan membutuhkan cairan pelumas berupa oli. Sementara itu, mesin yang digunakan pada mobil juga beragam ada yang berbahan bakar gas, bensin, diesel dan listrik.

Bicara mesin bakar, umumnya kendaraan di Indonesia menggunakan mesin diesel dan bensin. Ternyata, keduanya membutuhkan pelumas khusus. Sehingga tidak sembarang oli boleh digunakan.

Mesin diesel membutuhkan oli khusus untuk diesel dan bensin juga membutuhkan oli khusus untuk mesin bensin. Penggunaanya tidak boleh ditukar-tukar karena akan membuat pelumasan menjadi tidak optimal.

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana mengatakan konsumen jangan sampai tertukar dalam menggunakan oli untuk mobilnya karena keduanya berbeda karakter.

“Dari segi viskositas atau kekentalannya, oli untuk mesin bensin saat ini di SAE 0w-20, 5W-30, 10W-30, 10W-40. Sedangkan oli mesin diesel di SAE 15W-40, 10W-40, umumnya lebih kental,” ucap Brahma kepada Kompas.com, Selasa (17/10/2023).

Brahma mengatakan kekentalan oli ini memang didesain sesuai dengan peruntukannya. Setiap mesin mobil memiliki batas kekentalan oli tersendiri dari rentang paling encer sampai yang paling kental.

Sehingga, konsumen bisa memilih untuk menggunakan oli yang mana asalkan masih bisa ditoleransi. Selain kekentalan, perlu diperhatikan juga kualitasnya.

“Kedua ada yang namanya standar performa atau API Service, untuk oli mesin bensin API Service-nya memiliki kode diawali huruf S pada kemasan, misal SM, SN, SP dan seterusnya, sedangkan untuk diesel diawali huruf C misal CH4, CI4, CJ4, CK4,” ucap Brahma.

Menurut Brahma dampak kalau suatu mobil menggunakan oli mesin tidak sesuai pelumasan menjadi tidak optimal dan risikonya bisa sampai pada kerusakan komponen mesin.

Tapi, Brahma mengatakan ada beberapa varian oli yang bisa digunakan baik di mesin bensin maupun diesel. Ciri-ciri oli tersebut ada pada ada pada standar performanya, atau API Service-nya.

“Misal Fastron Gold memiliki API Service SN/CF, artinya oli jenis ini bisa dipakai untuk mesin bensin dan bisa juga untuk diesel, formulanya memang didesain demikian oleh produsen,” ucap Brahma.

Sehingga, saat memilih oli mesin untuk mobil konsumen perlu memastikan apakah oli tersebut cocok untuk mobil yang dimiliki, khususnya perlu memperhatikan peruntukannya apakah bisa digunakan pada mesin diesel, bensin atau keduanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perbedaan Karakter Oli Mesin Diesel dan Bensin", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/18/101200815/perbedaan-karakter-oli-mesin-diesel-dan-bensin.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm