ilustrasi parkir mobil pararel(www.rgj.com)
ilustrasi parkir mobil pararel(www.rgj.com) ( KOMPAS.COM)

Cara Mudah Untuk Jaga Cat Mobil Tidak Pudar

19 Oktober 2023 21:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Memiliki mobil yang mulus dan mengilap menjadi dambaan banyak orang. Maka dari itu, penting bagi para pemilik untuk merawat tampilannya agar nilai estetik tetap terjaga.

Salah satunya melakukan pengecatan pada body kendaraan. Selain itu, kalau kendaraan terjadi benturan, bisa juga dilakukan perbaikan untuk mengembalikan seperti kondisi semula.

Isaac, pemilik bengkel modifikasi bernama JAC Garage, yang berlokasi di Simpang Bandara Lama, Kota Palembang mengatakan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kilau cat mobil.

“Pertama karena kita tinggal di negara tropis diusahakan mobil tidak terjemur terlalu lama di luar ruangan, karena walaupun kita pakai barang atau bahan sebagus apapun kalau terlalu lama dijemur di luar ruangan pasti akan pudar, warnanya akan kusam terutama pada bagian atap dan kap mesin,” ucap Isaac belum lama ini kepada Kompas.com.

Menurut Isaac, kalau mobil dijemur di luar ruangan dalam waktu yang lama, bisa memperpendek usia tampilannya, dan warna cat menjadi pudar.

“Seharusnya bertahan lima tahun, tapi karena dijemur, dua tahun sudah pudar. Jadi usahakan mobil ditaruh di garasi,” kata Isaac.

Isaac juga menyarankan pemilik kendaran supaya memperhatikan saat mencuci mobil.

“Usahakan pada saat mencuci mobil itu disiram semua terlebih dahulu, agar kerikil atau pasir di bodi mobil hilang, karena bisa menyebabkan bodi mobil lecet,” ujar Isaac.

“Usahakan setiap enam bulan sekali itu ke salon mobil untuk melakukan detailing agar jamur-jamur di bodi mobil hilang secara berkala. Kalau pemilik merasa kurang mengilap, bisa naik lagi menjadi keramik coating supaya menjaga permukaan atau clear coat dasar pada mobil,” lanjutnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mudah Jaga Cat Mobil Tidak Pudar", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/19/142100415/cara-mudah-jaga-cat-mobil-tidak-pudar.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm